Puan Minta Pemerintah Jaga Laut Natuna dari Kapal China: Itu Harga Diri Bangsa

JAKARTA – Kapal milik China dilaporkan wara-wiri di Laut Indonesia, Natuna Utara. Ini dilaporkan terjadi sejak akhir pekan kemarin.

Kapal penjaga pantai China disebut menghabiskan hampir tiga hari di perairan Indonesia. Badan Kemanan Lau (Bakamla) juga mendeteksi 5.204 kapal China sejak Jumat pekan lalu.

Menanggapi itu, Ketua DPR RI, Puan Maharani meminta pemerintah agar bersikap dan tidak tinggal diam.

“Indonesia tidak boleh membiarkan negara lain terus mengganggu wilayah NKRI. Pemerintah tidak bisa berdiam diri saat negara lain memasuki wilayah kita tanpa izin,” ujar Puan Maharani, dikutip keterangan tertulisnya, Sabtu (18/9/2021).

Dia mengatakan, wilayah NKRI adalah harga diri bangsa. Sehingga pemerintah harus mampu menjaganya.

“Indonesia harus mampu menjaga kedaulatan, karena ini menyangkut harga diri bangsa, apalagi nelayan kita, sebagian rakyat Indonesia, dibuat takut oleh mereka,” ucap Puan.

Ketua DPP PDIP ini mengatakan, harus ada komitmen serius dari pemerintah untuk mengatasi persoalan tersebut. Diperlukan perbaikan pertahanan negara di wilayah perairan Natuna yang terus bermasalah buntut konflik Laut China Selatan.

“Sumber daya di perairan Natuna bukan hanya ikan saja, karena di sana juga terdapat sumber daya mineral dan juga potensi pariwisata. Maka pemerintah harus maksimal untuk menjaga kekayaan alam Indonesia” pungkasnya. (Fin.co.id).

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan