Pemkot Bogor Akan Perbaiki SDN Otista yang Ambruk Karena Lapuk

BOGOR – Pemerintah Kota Bogor memperbaiki bangunan atas ruang kelas Sekolah Dasar Negeri Otista di Jalan Otista 78, Kecamatan Bogor Tengah yang ambruk karena sudah lapuk.

Wali Kota Bogor Bima Arya saat meninjau kondisi SD Negeri Otista itu di Kota Bogor, Jumat, mengatakan perbaikan bangunan atap untuk jangka pendek, menggunakan anggaran dari biaya tidak terduga (BTT) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD).

Untuk jangka panjang, Pemerintah Kota Bogor mengusulkan alokasi perbaikan gedung sekolah melalui Rancangan APBD Kota Bogor pada 2022.

Ruangan kelas di SD Negeri Otista ambruk pada Kamis (16/9), sekitar pukul 11.50 WIB. Pada saat itu, cuaca Kota Bogor cerah. Saat kejadian, sekolah dalam keadaan kosong, sehingga tidak ada korban.

Pada peninjauan tersebut, Bima Arya didampingi Kepala Dinas Pendidikan Kota Bogor Hanafi dan disambut oleh Kepala SD Negeri Otista Siti Meisyafah.

“Perbaikan ini untuk antisipasi agar pembelajaran tatap muka terbatas dapat dilaksanakan,” kata dia.

Ia menjelaskan untuk persiapan pelaksanaan pembelajaran tatap muka (PTM ) yang dijadwalkan mulai awal Oktober, Dinas Pendidikan sedang mengecek persyaratan kesiapan sekolah.

Bima juga menugaskan Kepala Dinas Pendidikan untuk mengecek kondisi fisik semua sekolah di Kota Bogor pada persiapan pelaksanaan PTM terbatas.

“Ambruknya ruang kelas di SD Negeri Otista ini memberikan peringatan kepada kita untuk lebih siap. Mungkin selama pembelajaran jarak jauh ada kondisi di sekolah yang tidak termonitor di sekolah,” katanya.

Kepala Sekolah SD Negeri Otista, Siti Meisyafah, mengaku sudah dua kali melaporkan ke Dinas Pendidikan Kota Bogor, terkait dengan ruangan kelas di sekolahnya yang dalam kondisi memprihatinkan.

Dinas Pendidikan juga telah memasang spanduk di depan kelas tersebut yang bertuliskan peringatan tentang ruangan kelas tidak digunakan, sebelum akhirnya ambruk. (antara/red)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan