Target 50 Persen Sebelum Akhir Tahun, Pemda KBB Genjot Vaksinasi

NGAMPRAH – Pemerintah Daerah Kabupaten Bandung Barat (Pemda KBB) terus menggenjot pelaksanaan vaksinasi Covid-19 agar bisa mencapai target 50 persen sebelum akhir tahun.

Untuk itu Pemda KBB melaksanakan gebyar vaksinasi Covid-19 dengan target 348 ribu sasaran dalam waktu 10 hari. Vaksinasi itu diprioritaskan untuk dosis I.

Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Bandung Barat, Hengky Kurniawan mengatakan, persentase vaksinasi Covid-19 jika tercapai 50 persen dalam waktu cepat dapat mendongkrak posisi Kabupaten Bandung Barat ke PPKM level 2.

“Tadi saya perintahkan ke Pak Sekda sebagai Ketua Harian Satgas Covid-19 dan Kadinkes untuk menyelesaikan Vaksinasi dalam 10 hari, supaya target kita bisa 50 persen. Kemudian PPKM level 2 dan wisata bisa buka,” kata Hengky saat ditemui, Jumat (17/9).

Ia menambahkan, sebelumnya Kabupaten Bandung Barat sempat mendapat hambatan dari sisi suplai vaksin untuk memenuhi kebutuhan warganya. Namun saat ini, vaksin Sinovac yang berada di gudang sebanyak 348 ribu dosis.

“Kalau kemarin ada sedikit kekurangan vaksin, tapi sekarang sudah banyak. Kita kemarin terima 348 ribu dosis,” katanya.

Dengan stok vaksin yang memadai, kata Hengky, pihaknya akan berkoordinasi dengan seluruh jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) KBB agar upaya percepatan vaksinasi Covid-19 ini berjalan sesuai harapan.

“Tidak ada alasan lagi kita untuk santai-santai, kita nanti rapat dengan Forkopimda dan membentuk tim kecil agar target tecapai 50 persen diakhir September insya Allah,”katanya.

Rencananya vaksin tersebut akan diprioritaskan di wilayah yang secara geografis luas dan jumlah penduduknya banyak. Namun demikian, seluruh wilayah Kabupaten Bandung Barat bakal dijangkau dengan program vaksinasi ini

“Tentunya di 16 kecamatan dengan 165 desa. Cuma ada prioritas, nanti secara tehnis pa sekda akan bahas. Mungkin fokusnya ke kecamatan yang besar penduduknya dulu, kalo yang di kecamatan kecil mungkin di Puskesmas,” katanya.

Hengky menyebut, setidaknya seluruh tenaga kesehatan (Nakes) yang ada di seluruh wilayah Kabupaten Bandung Barat turut berperan aktif dalam menyukseskan percepatan vaksinasi Covid-19 tersebut.

“Semuanya sudah siap, ada 800 nakes, tidak ada masalah. Pokoknya dari Kadinkes tidak ada masalah, kita berdoa Sama-sama semoga semuanya berjalan lancar,” pungkasnya. (mg6)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan