Pembangunan Sanitasi Pemukiman di Kota Cimahi Akan Dipercepat

CIMAHI – Upaya meningkatkan akses sanitasi kota, Pemkot Cimahi melaui Bidang Perencanaan Infrastruktur Wilayah pada Bappeda Kota Cimahi lakukan percepatan pembangunan sanitasi pemukiman.

Sanitasi merupakan aspek penting dalam pencegahan berbagai penyakit, karenanya sanitasi menjadi hal yang urgent dan harus mendapat perhatian penuh dari Pemerintah Daerah.

Tujuan lakukan akses sanitasi di Kota Cimahi sebagai untuk menyamakan persepsi tentang pelaksanaan program Percepatan Pembangunan Sanitasi Pemukiman (PPSP), meningkatkan peran dan fungsi Kelompok Kerja Air Minum Penyehatan Lingkungan (AMPL) Kota Cimahi, dan juga sebagai sarana komunikasi, sinkronisasi, koordinasi, advokasi.

Sekretaris Daerah Kota Cimahi Dikdik Suratno mengungkapkan, Pemkot Cimahi berkomitmen penuh terhadap peningkatan sanitasi kota.

“Sanitasi merupakan bagian dari pelayanan dasar dan menjadi prioritas pembangunan kota Cimahi,” kata Dikdik, Jumat (17/9).

Upaya untuk menjaga dan meningkatkan sanitasi lingkungan di Kota Cimahi sudah diinisiasi sejak 2011 lalu. Langkah yang diambil yakni dengan membentuk program nasional percepatan pembangunan sanitasi permukiman, membentuk Kelompok Kerja Air Minum Penyehatan Lingkungan dan mengeluarkan dokumen Stabilitas Sistem Keuangan (SSK).

“Tahun 2021 Pemerintah Kota Cimahi memutakhirkan dokumen SSK Kota Cimahi yang implementatif menuju layanan sanitasi berkelanjutan sebagai bagian dari komitmen bersama seluruh kabupaten dan kota se-Jawa Barat dengan melakukan percepatan peningkatan akses air minum dan sanitasi yang telah ditandatangani pada tahun 2020,” bebernya.

Lanjut, kata dia, sektor utama layanan sanitasi di Kota Cimahi adalah sektor air limbah dan persampahan.

Dia mengaku, masih adanya kendala dalam pelaksanaannya dikarenakan masih tingginya angka pembuangan air besar sembarangan di Kota Cimahi dan keterbatasan sarana prasarana.

Karena tidak adanya tempat pembuangan untuk pengolahan sampah yang diakibatkan karena keterbatasan lahan di Kota Cimahi menjadi kendala sekaligus tantangan untuk Pemerintah Kota Cimahi.

Dikdik berharap, melalui POKJA AMPL ini mampu mempercepat proses pembangunan sanitasi di Kota Cimahi menuju layanan sanitasi berkelanjutan dan peningkatan derajat kesehatan masyarakat kota Cimahi. (mg3)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan