Puskesmas Margajaya Sumedang Akui Warga yang Lakukan Tes Swab Menurun

SUMEDANG – Penurunan level Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di Sumedang ternyata berdampak juga pada jumlah warga yang melakukan tes swab antigen.

Diketahui, Kabupaten Sumedang sebelumnya menempati PPKM di level empat dan kini turun ke level tiga.

Selain terjadi penurunan angka paparan virus Covid-19, pada PPKM level tiga Kabupaten Sumedang khususnya di Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Puskesmas Margajaya, Kecamatan Tanjungsari alami penurunan tes swab antigen.

Hal itu diungkapkan oleh Kepala UPTD Puskesmas Margajaya, Titim Adrianingsih. Melalui pantauannya, warga yang berkunjung untuk melakukan tes swab antigen kini menurun signifikan.

“Tidak banyak, bahkan untuk satu hari yang datang buat dites swab antigen juga jarang,” kata Titim melalui panggilan telepon, Selasa (14/9).

Titim berujar, jika perhitungan warga yang datang untuk melakukan tes swab antigen baik sebagai syarat perjalanan atau pekerjaan apabila dibandingkan ketika PPKM level empat perbedaannya cukup besar.

“Kalau dianalogikan dengan 20 berbanding 1, dulu sehari bisa ada 20 yang dites antigen, sekarang paling satu orang,” pungkas Titim.

Sementara itu, Titim menjelaskan, UPTD Puskesmas Margajaya masih menerima tes swab antigen bahkan dengan harga yang lebih murah.

Jika sebelumnya untuk melakukan tes swab antigen di beberapa pelayanan kesehatan umumnya perlu merogoh uang sebesar Rp125 ribu, kini di UPTD Puskesmas Margajaya hanya dikenai biaya sekiranya Rp95 ribu rupiah. (mg5)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan