oleh

Masuki Musim Penghujan, Camat Sawangan Imbau Seluruh Kelurahan Siaga Terhadap Bencana

DEPOK – Kota Depok beserta wilayah sekitarnya mulai memasuki musim penghujan. Hujan dengan intensitas tinggi sejak sore hingga pagi membuat beberapa kawasan berpotensi dilanda bencana.

Menyiasati potensi bencana yang timbul akibat hujan deras sepanjang hari di kawasan Kecamatan Sawangan, Camat Sawangan, Anwar Nasihin mengimbau seluruh lurah agar siaga.

Dalam situasi seperti sekarang, kata dia, lurah bersama ketua RT-RW harus hadir di tengah masyarakat terutama sigap dalam mengatasi bencana. Sebab tak bisa dipungkiri, di musim penghujan, daerah Depok dan sekitarnya rentan terjadi banjir.

Baca Juga:  IBH Harapkan Tercipta Komunikasi Baik Antara Guru dan Orang Tua Siswa di Masa Pandemi

“Hal itu bertujuan agar mereka (lurah dan ketua RT-RW) dapat membantu mencari solusi atas permasalahan yang sedang dihadapi warga,” katanya, Rabu (15/9).

Menurut Anwar, khusus untuk lurah harus bisa berkoordinasi dengan RT-RW dan masyarakat untuk mempersiapkan segala kebutuhan sebagai antisipasi terhadap bencana.

“Hal kecil lainnya bisa dilakukan melalui menjaga kebersihan saluran air yang kotor atau tersumbat. Agar tidak terjadi genangan air maupun banjir. Selanjutnya, bisa melakukan pemetaan untuk titik-titik yang terlihat berpotensi bencana,” ujarnya.

Baca Juga:  Depok Jadi Percontohan Penerapan SIPD E-BMD, BKD: Kebanggaan Sekaligus Tantangan

Ia misalnya, menyebutkan terdapat beberapa area yang selama ini sering terjadi banjir kala masuki musim penghujan.

“Khusus di kawasan ini, setidaknya terdapat dua titik yang kerap terjadi banjir. Pertama di Kelurahan Sawangan Baru dan kedua di Kelurahan Pasir Putih,” timpalnya. (Mg2)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Baca Juga