Kelurahan Cipaganti Akan telusuri dan Fasilitasi Anak yang Terkena Stunting

BANDUNG – Pengentasan stunting atau kurang gizi kronis pada anak menjadi salah satu program prioritas Kelurahan Cipaganti. Beragam upaya terus dilakukan guna menekan jumlah angka stunting anak.

“Kita telusuri stunting ini, karena ada kriteria nya kenapa stunting ini, maksudnya penyebab anak ini masuk dalam stunting kenapa lalu setelah itu nanti akan kita fasilitasi,” ujar Anggota Pokja 4 PKK, Yati pada Rabu(15/9).

Dia memperkirakan masih terdapat anak yang mengalami stunting di Cipaganti. Namun angka pastinya, dia harus melakukan pendataan secara cermat.

“Kita akan lakukan penelusuran terhadap jumlahnya, tim dari PKK akan bergerak untuk itu,” katanya.

Menurutnya permasalahan stunting ini bisa sembuh apabila gizi yang dikonsumsi anak memiliki nilai gizi yang baik.

“Bisa, karena stunting itu kan karena kurangnya gizi atau tadinya dari hamilnya. Makanya sekarang itu kan remaja itu harus diperiksa sebelum menikah dan selama mengandung untuk mencegah nanti kalau misalnya hamil kan mencegah stunting,” ujarnya.

Yati mengatakan hal tersebut harus terus dipantau. Pihaknya juga akan memberikan bantuan gizi.

Selain itu, para kader PKK kerap memberikan sosialisasi terkait dengan fungsi makanan sehat bergizi serta memperagakan penanganan secara langsung bagaimana meramu membuat makanan bergizi agar lebih enak dimakan.

“Ada pelajaran-pelajaran bagi ibu hamil untuk meramu minuman yang sehat dan gizi seimbang,” tutupnya. (mg1)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan