Isu Reshuffle Kabinet Mengemuka, Gerindra Dapat Jatah Lagi?

JAKARTA – Isu reshuffle Kabinet Indonesia Maju kembali mengemuka. Rumor yang berkembang, pergantian pergantian akan terjadi pada akhir September atau awal Oktober mendatang. Ketua Harian DPP Partai Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad disebut-sebut menjadi salah satu calon menteri.

“Kami mendapat informasi adanya reshuffle kabinet. Ada empat pos kementerian yang bakal direshuffle. Terlepas dari siapa pun yang diganti, nama Dasco masuk bursa calon menteri,” kata pakar politik dari UIN Jakarta, Adi Prayitno di Jakarta, Minggu (12/9).

Dia menyatakan Dasco punya posisi penting. Di Gerindra, Dasco menyatakan sebagai Ketua harian. Sementara di DPR RI, dirinya Wakil Ketua. Selain itu, Dasco, disebut sebagai orang dekat Ketua Umum DPP Gerindra Prabowo Subianto. “Kalau bicara peta politik, jaringan, networking, back up politik, saya kira ya Dasco,” imbuhnya.

Latar belakang politik Dasco, lanjutnya, mengakar di akar rumput. Soal “Kerja politiknya cukup luas. Bahkan menjadi salah satu aktor yang mempertemukan Jokowi dengan Prabowo awal-awal pilpres. Itu satu peran penting,” lanjutnya.

Sebelumnya, isu reshuffle dihembuskan oleh relawan JoMan (Jokowi Mania). Isu ini akan muncul terkait dengan PAN ke barisan barisan pendukung pemerintah. PAN diyakini akan mendapat tempat di kabinet. Selain itu, sindirian Sekretaris Umum PP Muhammadiyah Abdul Mu’ti yang menilai sebagian menteri Kabinet Indonesia Maju elit. Gaya ini tidak cocok dengan Jokowi yang merakyat. (fin/red)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan