Ibu Hamil di Cimahi Mulai Divaksin Pekan Depan, Ini Syarat dan Cara Mendaftarnya

CIMAHI – Kesempatan para ibu hamil di Kota Cimahi untuk mendapatkan vaksin COVID-19 akhirnya datang juga. Mereka mulai menjalani vaksinasi pada 6 September mendatang menggunakan jenis Sinovac.

Sebelumnya, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) sudah menerbitkan Surat Edaran HK.02.01/I/2007/2021 tentang Vaksinasi Covid-19 bagi Ibu Hamil dan Penyesuaian Skrining dalam Pelaksanaan Vaksinasi COVID-19.

Kepala Seksi Kepala Seksi Kesehatan Keluarga dan Gizi pada Dinas Kesehatan Kota Cimahi, Indah Gilang Indira mengatakan, berdasarkan data yang sudah divalidasi Dinas Kesehatan Kota Cimahi, sasaran ibu hamil yang akan mendapatkan vaksin COVID-19 mencapai 2.091 orang.

“Iya mulainya 6 September nanti. Jumlah sasaran ada 2.091 orang ibu hamil,” kata Indah saat dihubungi pada Rabu (1/9).

Ada berbagai syarat tertentu bagi ibu hamil ingin mendapat vaksinasi COVID-19. Seperti berdomisili yang dibuktikan dengan KTP, ibu hamil dengan usia Minimal 13 Minggu, .embawa surat rekomendasi dari dokter bagi ibu hamil yang memiliki penyakit penyerta.

Kemudian, kata Indah, belum pernah divaksin COVID-19, membawa formulir yang telah diisi. Formulir tersebut bisa diunduh ibu hamil melalui
https://bit.Iy/FormaVaksinBumilCimahi. Formulir tersebut harus dibawa saat pelaksanaan vaksinasi.

“Selain itu harus berdomisili di Kota Cimahi. Tidak ada penyakit penyerta dan belum pernah divaksin,” terang Indah.

Untuk mekanisme penyuntikannya, terang Indah, sama saja seperti kategori umum lainnya. Seperti melalui proses screening untuk melihat kondisinya dan sebagainya. Jika memenuhi syarat, baru bisa dilakukan penyuntikan vaksin.

Tempat penyuntikan pun dipecah di berbagai lokasi rumah sakit dan klinik untuk memudahkan pengawasan. “Terus tempatnya kita utamakan di rumah sakit biar ada lebih pengawasan,” tukas Indah.

Menurut Indah, ibu hamil memiliki risiko terpapar COVID sama dengan orang yang tidak hamil. Untuk itu, ibu hamil diminta untuk menjaga kondisi kesehatan dan tidak mudah stres dengan kondisi sekarang ini. Apalagi belum disuntikan vaksin COVID-19.

Ia mengimbau para ibu hamil agar tidak membaca atau menonton hal-hal yang akan membuat pikiran stres ditengah kondisi COVID-19 ini. “Jangan banyak baca berita seperti di Instagram, Tik tok, kan gak semuanya benar. Banyakin nonton yang senang-senang aja seperti drama Korea,” imbuh Indah.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan