Satu Dekade Berdiri, Ini Proyeksi PDAM Tirta Asasta Depok

DEPOK – Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Asasta kini sudah memasuki usia satu dekade. Layaknya sebuah perusahaan, selalu saja ada rintangan yang datang di setiap lekukan waktu.

Meski begitu, melewati masa 10 tahun penuh dedikasi tentu merupakan sebuah pencapaian luar biasa yang patut diapresiasi.

PDAM Tirta Asasta mulai berdiri pada tahun 2012 dan baru beroperasi pada awal 2013. Sesuai namanya, “Tirta Asasta” berakar dari bahasa Sansekerta yang mengandung arti “air kesejahteraan”.

Benar saja, dalam perkembangannya, perusahaan air minum milik daerah Kota Depok ini ternyata telah banyak memberikan manfaat bagi masyarakat Kota Belimbing itu.

Direktur Utama (Dirut) PDAM Tirta Asasta, Muhammad Olik Abdul Holik selama beberapa tahun terakhir percepatan penyediaan air bersih meningkat drastis ditandai dengan meningkatnya pelanggan air bersih yang awalnya hanya 3 ribuan pelanggan meningkat menjadi 85 ribu pelanggan.

“Dengan pencapaian itu, kami optimis ke depan PDAM Tirta Asasta mampu menjangkau lebih banyak lagi,” kata Olik, Selasa (31/8).

Menurutnya, target perluasan penyediaan air bersih yang bermanfaat bagi masyarakat sejalan dengan nama yang melekat pada perusahaan tersebut. Yakni melalui air dapat menyejahterakan masyarakat dengan memberi banyak manfaat dan keberkahan.

“Juga, sebagaimana visi PDAM yang terus meningkatkan kinerja terbaik dan menghasilkan air sesuai standar kualitas air minum pada tahun 2025,” bebernya.

Di samping itu, PDAM Kota Depok ini memiliki empat visi, di mana salah satunya berkait dengan peningkatan cakupan layanan.

Pada poin peningkatan cakupan layanan inilah yang menurut Olik akan coba diupayakan oleh PDAM di masa mendatang.

“Peningkatan kinerja menjadi target yang akan digesa. Termasuk di dalamnya peningkatan cakupan pelayanan, sehingga masyarakat Depok menggunakan air bersih perpipaan dari PDAM,” urainya.

Pihaknya juga menginginkan agar masyarakat segera beralih dari penggunaan air tanah. Untuk mewujudkan hal itu, maka pihaknya akan terus tingkatkan pembangunan jaringan distribusi utama yang dapat mencangkup semua wilayah. (Mg2)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan