Ingin Medsos Aman dari Hacker? Fitur ini Bisa Dicoba

JAKARTA – Meskipun kita sudah mengunci pintu rumah, bukan berarti rumah sepenuhnya bebas dari ancaman pencurian. Karena itu, penting juga untuk keamanan ekstra sebagai antisipasi dari para penjahat yang cerdik dan berusaha mencari celah.

Sama seperti pencuri di dunia nyata yang tertarik pada rumah dengan keamanan yang buruk, begitu juga dengan peretas (hacker) di ranah online yang menemukan kelemahan untuk memiliki akun media sosial (medsos) Anda.

Peretas adalah bahaya yang selalu eksis di platform online . Mereka berupaya mengeksploitasi celah keamanan Anda. Salah satu cara yang bisa membantu Anda menambah lapisan proteksi keamanan akun media sosial adalah mengaktifkan Autentikasi Dua Langkah ( Two-factor authentication ).

Autentikasi Dua Langkah ini diibaratkan seperti alarm rumah yang melengkapi fungsi kunci gembok. Fitur ini memberikan pengamanan pada akun media sosial, agar terhindar dari pembobolan oleh pelaku penipuan.

Lantas, bagaimana cara mengaktifkan fitur ini? Untuk beberapa medsos populer yang dibawahi Facebook, caranya cukup mudah.

Facebook

Buka menu Pengaturan pada aplikasi Facebook, lalu pilih Keamanan dan Login
Gulirkan ke bawah ( scroll ), pilih gunakan autentikasi dua-faktor. Kemudian, pilih salah satu dari dua metode keamanan yang tampil di layar: kode login dari aplikasi autentikasi; atau kode dari SMS di ponsel.

Setelah autentikasi dua faktor aktif, masukkan kode dari Facebook ketika login pada perangkat atau gadget yang berbeda.

Instagram

Lanjut, di medsos populer lainnya yang juga digawangi Facebook yakni Instagram caranya juga kurang lebih mirip. Pertama, masuk ke Profil Instagram, lalu pilih Pengaturan.
Pilih Keamanan, lalu klik Autentikasi dua faktor.

Pilih salah satu dari dua metode keamanan yang tampil di layar: kode login dari aplikasi autentikasi; atau kode dari SMS di ponsel. Setelah autentikasi dua faktor aktif, masukkan kode dari Instagram ketika login pada perangkat/gadget yang berbeda.

Ada apa

Beralih ke aplikasi WhatsApp instan, cara akun dari peretas juga perlu melakukan Autentikasi Dua Faktor. Coba masuk ke Profil WhatsApp, lalu pilih Pengaturan
Pilih Akun, lalu klik Autentikasi Dua Langkah.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan