Peringati Haul Gus Dur, Perjuangannya Menginspirasi Semua Orang

JAKARTA – Semangat perjuangan KH Abdurrahman Wahid alias Gus Dur menjadi inspirasi semua orang. Termasuk saat menghadapi pandemi COVID-19.

“Semoga semangat perjuangan Gus Dur menjadi inspirasi pemerintah, masyarakat dan masyarakat Indonesia. Terutama agar Indonesia dapat mengatasi masa-masa sulit akibat pandemi COVID-19,” kata Ketua umum DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar saat membacakan manaqib (cerita riwayat hidup Gus Dur) dalam acara haul Gus Dur ke-12 di Jakarta, Minggu (22/8) malam.

Acara itu diikuti oleh orang-orang dari Indonesia, Malaysia hingga Australia. Haul Gus Dur ini diselenggarakan sejak 14 Muharram 1431 Hijriah, sekaligus peringatan peringatannya Presiden RI ke-4 tersebut.

Gus Dur, kata Muhaimin, telah memberikan jalan atau model, dimana melibatkan semua kalangan menjadi kekuatan luar biasa. Terutama dalam menyelesaikan setiap masalah. “Kalau kita bisa menggalang semua kekuatan, Insya Allah bisa mengatasi pandemi. Selain itu, menyukseskan pembangunan untuk menjadi Indonesia maju, adil dan sejahtera,” papar Muhaimin.

Sosok Gus Dur selalu menanamkan sikap rasa percaya diri dengan modal kekayaan khazanah hingga kultural, yang dimiliki Indonesia. Muhaimin yakin di tengah krisis dan pandemi saat ini, pemerintah tidak akan mampu berjalan sendiri. “Karena itu, harus melibatkan kekuatan masyarakat dan menjadi bagian solusi buat masyarakat,” jelasnya.

Muhaimin mencontohkan program vaksinasi akan tercapai jika semua kekuatan terlibat menyukseskanny. Tetapi jika hanya mengandalkan pemerintah, pasti akan lambat dan mengalami berbagai kendala. “Beberapa bulan lalu, kita berdebat vaksin tentang halal atau haram. Itu disebabkan rendahnya partisipasi masyarakat,” pungkasnya. (rh/sirip/fin.co.id)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan