3.318 Warga Cimahi Akses Aplikasi e-Lib Cimahi

CIMAHI – Sebanyak 3.318 warga Kota Cimahi mengakses aplikasi electronic library (e-Lib) atau perpustakaan elektronik. Layanan ini memudahkan masyarakat untuk membaca buku tanpa harus berkunjung ke perpustakaan.

Kepala Dinas Komunikasi Informatika Kearsipan dan Perpustakaan Mochamad Ronny mengatakan, melalui perkembangan tiap bulan, banyak warga yang mengakses aplikasi perpustakaan elektronik.

“Perkembangan dari bulan ke bulan sekitar kurang dari 1.500 orang akses eLib ini, jadi selalu lebih dari 1.500. Kita lihat dari bulan Mei misalnya ini yang mengakses ada 1.718. Kemudian di bulan Juni ada 1.600. Sementara ada yang pinjam 1.800,” kata Ronny saat dihubungi, Sabtu (14/8).

“Kenapa data dari pengakses dengan peminjam terpisah? Karena yang akses bisa saja hanya men-scroll (masih pilih) dari buku digital manakah yang akan dibaca. Buka akunnya saja beda dengan buku yang dipinjam, sudah jelas buku tersebut sedang dibaca,”sambungnya.

Sementara ini, data jumlah akses warga Kota Cimahi dan peminjam di bulan Juli dan Agustus masih belum tersedia.

“Alhamdulillah e-Lib ini ternyata cukup digemari oleh masyarakat, nah ini masyarakat mengakses ini lebih banyak karena kita selalu adakan event di tiap bulannya supaya menarik minat masyarakat mau membaca,” ungkapnya.

Genre dari tiap buku yang tersedia di aplikasi e-Lib Cimahi ini cukup positif. Buku-buku yang tersedia seperti Pemerintahan, Sejarah, Sosial, Agama, dan lain-lain.

Dia mengaku, aplikasi ini sudah disosialisasikan, hal ini menjadi pilihan yang terbaik untuk warga Kota Cimahi untuk mengakses perpustakaan elektronik.

“Sebetulnya dulu sudah diterapkan baik sosialisasinya ini kebetulan saja di masa pandemi ini. Ini menjadi pilihan yang menjadi lebih baik, apa keuntungan si pemustakanya atau si pembacanya tidak usah datang ke perpustakaan,” ujarnya.

“Cukup di rumah saja dengan membuka handphone atau tablet untuk baca buku elektronik,” bebernya. (mg3)

Tinggalkan Balasan