Cimahi Dapat Jatah Astra Zeneca dan Gotong Royong

CIMAHI – Ribuan vial vaksin Corona Virus Disease (COVID-19) didapat Pemerintah Kota (Pemkot) Cimahi. Vaksin tersebut tiba pada Selasa (3/8) sekitar pukul 01.10 WIB dan disimpan di disimpan gudang milik Dinas Kesehatan Kota Cimahi, Jalan Ciawitali, Kelurahan Citeureup, Kecamatan Cimahi Utara.

Vaksin dikirim menggunakan mobil box, dan dikawal pihak kepolisian. Setelah dipastikan mobil box dalam kondisi masih disegel, petugas menurunkan 1 dus vaksin, dan langsung dimasukkan ke dalam gudang.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinkes Kota Cimahi, Muhamad Dwihadi Isnalini, vaksin yang diterima adalah jenis Astra Zeneca sebanyak 2.500 vial, vaksin Gotong royong 826 vial, dan vaksin Sinovac 1.430 vial.

“Kalau pengajuan itu sekitar 3.500 vial Sinovac. Untuk vaksin Astra Zeneca dan Gotong Royong kita baru menerima sekarang,” ungkap Dwihadi, Rabu (4/8).

Dijelaskannya, vaksin Sinovac yang baru datang ini akan digunakan untuk menyelesaikan vaksin dosis kedua, bagi warga yang sebelumnya sudah di vaksin dosis pertama yang memang sudah terjadwal di 13 Puskesmas, dengan vaksin Sinovac.

“Sinovac juga diberikan untuk warga usia 12-17 tahun. Sementara vaksin Astra Zeneca, dan Gotong Royong untuk usia diatas 18 tahun, tentunya untuk dosis pertama,” terangnya.

Menurut Dwihadi, jenis vaksin untuk dosis pertama dan kedua harus sama. Hal itu sesuai dengan arahan pemerintah pusat. “Sampai saat ini arahan pusat harus sama. Kalau untuk dosis 2 sebenarnya dari kemarin masih jalan. Hari ini baru akan distribusi untuk dosis 1,” ungkapnya.

Sekretaris Dinkes Kota Cimahi, Reri Marliah mengakui pihaknya masih mengalami keterbatasan dosis vaksin COVID-19. Untuk pengadaan vaksin pihaknya masih menerima distribusi dari Pemprov Jabar maupun pemerintah pusat.

“Kita minta ribuan sesuai sisa target sasaran dosis 1 dan dosis 2. Karena stok vaksin di provinsi juga terbatas, jadi dibagi-bagi ke 27 kabupaten/kota. Dan hari ini kita sudah menerimannya,” ujar Reri.

Dijelaskannya, secara keseluruhan target warga Kota Cimahi yang diberikan vaksin Covid-19 mencapai 465.082 orang, atau 70 persen dari total jumlah penduduk Kota Cimahi.

Rinciannya, untuk sasaran tenaga kesehatan ada sebanyak 3.878 orang, lanjut usia sebanyak 40.937, pejabat publik sebanyak 22.917 orang, renta dan masyarakat umum sebanyak 328.185 orang, dan anak usia 12-17 tahun sebanyak 57.514 orang.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan