Penggali Makam di TPU Kihapit Terima Bantuan Pemkot Cimahi

CIMAHI – Pemkot Cimahi melalui program Jabar Quick Response dan Lembaga Rumah Yatim mendistribusikan Alat Pelindung Diri (APD), sembako, dan lakukan test swab antigen kepada para penggali kubur makam Covid-19 di TPU Kihapit Cimahi, Rabu (28/7).

Pelaksana Tugas (Plt.) Wali Kota Cimahi, Ngatiyana juga menyampaikan ucapan terimakasih kepada Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil yang sudah menyalurkan bantuan kepada petugas di pemakaman Covid-19 TPU Kihapit, Cimahi Selatan.

Ia menambahkan, kesejahteraan petugas penggali makam Covid-19 diperhatikan oleh Pemkot Cimahi dan sudah terpenuhi, termasuk insentifnya juga diberikan.

“Jadi petugas-petugas juga insentifnya kita berikan dan yang gak bisa bantu, kita bantu kan kepada petugas-petugas kami yang kita berikan dengan personil yang mencukupi,” kata Ngatiyana, Rabu (28/7).

“Sudah cukup ada 8 orang bagi pengusung, karena tempatnya jauh. Penggali setiap hari harus ada minimal 5 lubang yang harus sudah siap sehingga tenaga ini benar-benar dimanfaatkan karena tempatnya jauh, dan penggalinya harus sudah fit,” paparnya.

Menurutnya, bantuan ini akan sangat bermanfaat untuk para penggali makam di TPU Kihapit Cimahi untuk tetap sehat dan terhindar dari paparnya virus Covid-19.

“Sekali lagi, saya selaku pemerintah ucapkan terimakasih atas perhatian Pak Gubernur, Jabar Quick Response, dan Rumah Yatim yang mana peduli dengan kami khususnya kepada tukang-tukang yang ada di Pemakaman Kihapit ini,” ungkapnya.

Disamping itu, ia mengatakan terkait peningkatan angka kematian di Kota Cimahi selalu meningkat akibatnya karena komorbid dan masih banyak warga yang belum divaksin.

“Kami harapkan masyarakat yang belum vaksin tolong melaksanakan untuk vaksin bahwa tiap hari kita melaksanakan vaksin baik di Cimahi Technopark, hari Sabtu rencana di Brigif, dan juga tingkat usia 12-17 tahun dilaksanakannya pada hari Sabtu di SMPN 1 Cimahi, kemudian di puskesmas-puskesmas kita buka untuk vaksin,” imbaunya.

Selanjutnya, salah seorang penggali makam di TPU Kihapit Cimahi, Asri, 52 mengatakan, dirinya sangat ikhlas membantu warga untuk menggali lahan pemakaman Covid-19 setiap hari.

“Selama ini pemasukan honornya lancar, namun masih ada keterlambat, dan cairnya tiap hari Jumat,” katanya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan