Kiprah SMKN 1 Karangtengah Cianjur dan SMK Samudra Nusantara Cirebon melalui Kemitraan dalam Menghadapi Tantangan Industri 4.0

JAKARTA– Seiring dengan terjadinya revolusi pada dunia industri di seluruh dunia, perubahan pun terjadi pada kebutuhan Sumber Daya Manusia (SDM) sebagai akibat maupun adaptasi dari perkembangan pada dunia industri tersebut.

Perubahan yang dimaksud adalah persaingan bisnis dan pembangunan yang semula banyak bertumpu pada pemanfaatan SDM, menjadi penguasaan teknologi informasi dan kompetensi angkatan kerja yang membutuhkan SDM berkualitas.

Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) atau pendidikan menengah vokasi di Indonesia merupakan salah satu pencipta SDM terampil dan bermutu yang siap bekerja di dunia usaha dan dunia industri. Hal ini dikarenakan pendidikan SMK di Indonesia didesain untuk menciptakan lulusan yang siap masuk dunia kerja.

Saat ini, menjadi tantangan tersendiri bagi SMK untuk dapat menghasilkan lulusan yang berkualitas untuk menjawab kebutuhan industri saat ini. Pemerintah Indonesia pun kini kian gencar menerapkan strategi untuk memenuhi tantangan itu.

Salah satu program kemitraan strategis dalam mendukung pengembangan SMK adalah kerja sama antara Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud) Republik Indonesia melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi dengan pihak Pemerintah Kerajaan Belanda pada program Orange Knowledge Programme (OKP) melalui kegiatan Tailor Made Training Plus (TMT+) yang secara khusus didedikasikan untuk mendukung SMK Pusat Keunggulan dalam memasok SDM berkualitas untuk kebutuhan industri.

Kegiatan TMT+ berfokus pada pengembangan SDM di SMK Pusat Keunggulan bidang pertanian (Kompetensi Keahlian Agribisnis Tanaman Pangan dan Hortikultura dan Agribisnis Ternak Unggas) serta menguatkan kelembagaan SMK melalui kemitraan strategis antara SMK dengan dunia kerja. Salah satu SMK Pusat Keunggulan yang ditunjuk adalah SMKN 1 Karangtengah, Cianjur sebagai sasaran program TMT+.

SMKN 1 Karangtengah adalah salah satu SMK yang terletak di Desa Sukajadi Kecamatan Karangtengah Cianjur ini memiliki 6 kompetensi keahlian yaitu, Agribisnis Tanaman Pangan dan Hortikultura, Nautika Kapal Penangkap Ikan, Agribisnis Pengolahan Hasil Pertanian, Agribisnis Perikanan Air Tawar, Otomatisasi Tata Kelola Perkantoran, serta Rekayasa Perangkat Lunak.

Pada kompetensi keahlian Agribisnis Tanaman Pangan dan Hortikultura, SMKN 1 Karangtengah memiliki beberapa program pembelajaran seperti budidaya tanaman, alat dan mesin pertanian, pembiakan tanaman, agribisnis tanaman pangan, sayuran dan buah, serta mempelajari produk kreatif sampai kewirausahaan. Pada program budidaya tanaman pangan dan hortikultura siswa dibekali ilmu dan keterampilan mulai dari persiapan lahan sampai pemasaran.

Tinggalkan Balasan