oleh

Dinilai Gagal, Pengelolaan Sampah di Kota Depok, Begini Kata PSI

DEPOK – Dari waktu ke waktu, pengelolaan sampah di Kota Depok selalu jadi sorotan publik. Pemerintah Kota (Pemkot) Depok juga dinilai gagal dalam mengelola sampah yang ada di Kota Belimbing itu.

“Setelah beberapa waktu lalu beredar di media sosial mengenai limbah medis yang dibuang begitu saja di area publik, kini muncul kabar baru adanya bungkus makanan dari kertas bekas surat hasil pemeriksaan Covid-19 yang tercantum nama pasien dengan keterangan positif Covid-19. Fakta sosiologis ini menunjukkan betapa buruknya masalah pengelolaan sampah di Kota Depok,” kata Direktur Direktorat Lingkungan Hidup dan Perkotaan DPP PSI, Mikhail Gorbachev, Selasa (27/7).

Baca Juga:  Capai Rp23 Miliar, Jumlah Biaya Angkut Sampah di Kota Cimahi 

Mikhail bahkan menyebut penggunaan sampah kertas untuk makanan adalah bentuk paling vulgar atas apa yang dikenal sebagai anarkisme sosial-lingkungan di Kota Depok.

“Anarkisme sosial-lingkungan secara sederhana dapat diartikan sebagai cerminan laku sosial yang salah satunya berupa kegagalan mengelola sampah dengan baik dan benar,” tandasnya.

Menurutnya, duduk dari permasalahan ini ada pada political will (kemauan politik) dari Pemerintah Daerah (Pemda) Kota Depok yang masih rendah dalam menata masalah sampah.

Baca Juga:  Pedas! PSI Sindir Pemkot Depok: Jawab Kritik dengan Kerja Bukan Amarah

“Saat sampah tidak tertangani dengan baik, saat Re-use atau penggunaan kembali dilakukan secara serampangan, yang akhirnya berujung pada keresahan sosial di masyarakat, maka di situlah poin kegagalan pemerintah mengatur sampah,” ujarnya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Baca Juga