Hari Pajak 2021, Pesan Menkeu, M-Pajak, dan Buku Reformasi Perpajakan

 

Peluncuran M-Pajak

Sementara itu, Sekretaris Direktorat Jenderal Pajak, Peni Hirjanto menyampaikan bertepatan dengan momentum Hari Pajak 2021, DJP meluncurkan aplikasi M-Pajak. Aplikasi ini dapat diunduh melalui Play Store untuk Android maupun App Store untuk Iphone.

Peluncuran aplikasi M-Pajak
Peluncuran aplikasi M-Pajak

“Di aplikasi M-Pajak ini diharapkan para wajib pajak pada saat berhubungan dengan kami di DJP bisa lebih dimudahkan, sehingga seluruh sistem perpajakan yang kita bangun di DJP bisa dinikmati oleh wajib pajak,” kata Peni.

Senada dengan Peni, Direktur Penyuluhan Pelayanan dan Hubungan Masyarakat (P2humas) DJP Neilmaldrin Noor menjelaskan berbagai keunggulan M-Pajak.

Menurutnya, M-Pajak memiliki beberapa fitur yang dapat digunakan wajib pajak, di antaranya menu e-Billing yang memudahkan wajib pajak dalam membuat kode billing sebelum membayar pajak, serta kartu Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) elektronik yang bisa diakses pada menu Profil Saya.

Selain itu dalam aplikasi ini terdapat fitur informasi Kantor Pelayanan Pajak (KPP) terdekat dari posisi GPS ponsel melalui peta yang terintegrasi, pengingat batas waktu penyetoran dan pelaporan pajak dalam fitur tenggat pajak, dan informasi peraturan perpajakan terbaru.

Selanjutnya, Direktorat jenderal pajak akan terus mengembangkan aplikasi M-Pajak dengan menambahkan layanan daring sehingga wajib pajak bisa menghemat waktu dan tenaganya karena tidak perlu lagi datang ke kantor pajak.

 

Peluncuran Buku Cerita di Balik Reformasi Perpajakan

DJP juga mempublikasikan buku merekam perjalanan Reformasi Perpajakan JIlid III (2016 – 2020). Sejak mulai adanya amnesti pajak, pembentukan Tim Reformasi Perpajakan sampai pembentukan Tim Pelaksana Pembaruan Sistem Inti Administrasi Perpajakan (PSIAP).

Buku setebal lebih dari 400 halaman ini bertajuk “Reformasi adalah Keniscayaan, Perubahan adalah Kebutuhan, Cerita di Balik Reformasi Perpajakan”.

Daftar 18 Penulis Buku Reformasi Perpajakan
Daftar 18 Penulis Buku Reformasi Perpajakan

 

Buku ini disajikan dalam gaya narasi bertutur oleh 18 penulis internal DJP dan telah mewawancarai 47 narasumber internal dan eksternal DJP sebagai pelaku dan saksi hidup perjalanan reformasi perpajakan.

Acara peluncuran buku ini menghadirkan narasumber Direktur Jenderal Pajak Suryo Utomo dan Wartawan Senior Hermien Y. Kleden, serta penyanyi jazz Andien sebagai moderator. “Saya seperti membaca buku novel,” kata Andien saat membahas buku tersebut.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan