Jenazah Covid-19 yang Dimakamkan di TPU Cikadut Tidak Hanya Berasal Dari Kota Bandung

BANDUNG – Sekretaris Dinas Tata Ruang (Distaru) Kota Bandung Achmad Tadjudin menyebut, jenazah yang dimakamkan di Tempat Pemakaman Umum (TPU) khusus Covid-19 di Cikadut tidak hanya berasal dari Kota Bandung.

Menurutnya, peningkatan lonjakan kasus Covid-19 berimbas pada peningkatan kasus jumlah pasien yang meninggal dan dimakamkan di TPU tersebut.

Selama pandemi Covid-19, terdata 1.723 liang lahat di Tempat Pemakaman Umum (TPU) sudah digunakan untuk jenazah yang terindikasi virus tersebut.

“Liang lahat di TPU Cikadut khusus Covid-19. Totalnya disiapkan 5.000 liang lahat. Jadi tersisa 3.277 liang lahat,” ujarnya di Balai Kota Bandung, Kamis (24/6).

Achmad berharap pandemi Covid-19 segera berakhir dan tidak ada lagi penambahan kasus meninggal akibat terpapar Covid-19.

“Meskipun masih tersisa banyak, kami berharap tidak bertambah yang meninggal karena Covid-19,” harapnya.

Saat ini, terjadi peningkatan kasus positif dan kematian akibat Covid-19. Hal itupun berdampak pada meningkatnya jumlah jenazah yang dimakamkan di TPU Cikadut Bandung.

Kepala Dinas Tata Ruang, Bambang Suhari sebelumnya menuturkan, peningkatan aktivitas pemakaman jenazah Covid-19 di TPU Cikadut, terjadi sejak beberapa minggu belakangan.

Dalam sehari ada tiga sampai lima jenazah yang dimakamkan. Maksimal paling 8 atau 10 jenazah.

‘’Nah kalau sekarang itu peningkatannya cukup signifikan. Itu bisa 10 sampai 15 per hari jenazah yang dimakamkan,” ujarnya.

“Bahkan bisa sehari memakamkan 20 jenazah yang kita layani di TPU Cikadut,” tambah dia.

Lebih lanjut Bambang mengatakan, TPU Cikadut merupakan pemakaman khusus untuk jenazah yang terkena Covid-19, terutama bagi warga Kota Bandung .

Proses pemakaman jenazah Covid-19 harus melalui prosedur khusus. Bahkan jenazah yang akan dimakamkan tidak boleh diantar oleh pihak keluarganya.

‘’Jadi cukup petugas pemakaman saja yang mengurus jenazahnya dengan menggunakan Alat Pelindung Diri (APD) dan prosedur pengurusan mayat,’’ujarnya. (MG8/mg10/yan/ira)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan