Upaya Jabar Sukseskan Vaksinasi Covid-19

BANDUNG – Upaya Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Jabar)  meningkatkan pelayanan vaksinasi COVID-19 dengan meningkatkan kapasitas, dan jangkauan pelayanan, menjadi langkah-langkah sukseskan vaksinasi untuk capai Herd Immunity.

“Monitoring dan evaluasi terkait kendala pelaksanaan intens dilakukan untuk mencari skema penyuntikan yang dapat meningkatkan cakupan,” kata Ketua Divisi Penanganan Kesehatan Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Jawa Barat Marion Siagian di Bandung, Selasa, (22/6).

Ia mengatakan bahwa pelayanan vaksinasi COVID-19 di Jawa Barat saat ini menjangkau 36.000 sampai 50.000 orang per hari. Satuan Tugas menargetkan jangkauan pelayanan bisa meningkat menjadi 175.000 orang per hari pada Juli sampai Desember 2021. Upaya ini perlu, untuk percepat vaksinasi di Provinsi Jabar.

“Untuk meningkatkan rata-rata penyuntikan vaksin COVID-19, kami bersama pemerintah pusat dan pemerintah kabupaten/kota terus mematangkan rencana pembuatan sentra vaksinasi. Adapun target setiap sentra vaksinasi dalam sehari sekitar 500 sampai 1.000 orang,” katanya.

Marion mengatakan bahwa pemerintah kabupaten dan kota juga berupaya meningkatkan cakupan vaksinasi di wilayah mereka.

Ia mencontohkan, Pemerintah Kota Bandung mensyaratkan warga berusia di bawah 50 tahun yang hendak menjalankan vaksinasi mengajak dua warga lanjut usia (lansia) atau pra-lansia.

“Yang dilakukan oleh Kota Bandung yaitu sasaran usia di bawah 50 tahun dapat divaksin dengan syarat membawa dua orang lansia dan atau pra lansia, selanjutnya mendaftarkan ke puskesmas untuk penjadwalan vaksinasi,” katanya.

 

Upaya Jabar Percepat Vaksinasi di Segala Lini

Pemerintah provinsi juga akan mempercepat pelaksanaan vaksinasi COVID-19 di wilayah Bogor, Depok, dan Bekasi (Bodebek) serta Bandung Raya, termasuk pelaksanaan vaksinasi pada warga berusia 18 tahun ke atas.

“Kita sedang menyusun bagaimana nanti kegiatan ini berjalan dengan cepat dan aman. Aman itu tidak ada kerumunan karena antusiasme warga Jabar terhadap vaksinasi ini cukup baik,” katanya.

“Jadi bagaimana kita bisa menjalankan vaksinasi untuk usia di atas 18 tahun, tapi menggerakkannya itu tidak berdampak pada kerumunan. Jadi kita sedang menyiapkan untuk Bodebek dan Bandung Raya skenario-skenarionya,” ia menambahkan.

Selain itu, ia mengatakan, pemerintah menyelenggarakan pelayanan vaksinasi massal di beberapa daerah termasuk di Stadion Pakansari di Kabupaten Bogor; Stasiun Bogor di Kota Bogor; dan Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) di Kota Bandung.

Tinggalkan Balasan