COVID-19 Kepung Lingkungan Pemkot Cimahi

CIMAHI – Sebanyak 34 pegawai Pemkot Cimahi terkonfirmasi positif COVID-19 berdasarkan hasil swab test PCR. Mereka pun langsung menjalani isolasi mandiri di rumahnya masing-masing.

Berdasarkan data Dinas Kesehatan Kota Cimahi, tercatat sudah ada 34 pegawai yang terdiri dari Aparatur Sipil Negara (ASN) dan Tenaga Harian Lepas (THL) yang terpapar virus korona. Mereka menjalani isolasi mandiri.

“Kurang lebih ada 34 yang sudah keluar hasil PCR, sebagian masih nunggu hasil PCR,” terang Kepala Dinas Kesehatan Kota Cimahi, drg. Pratiwi saat ditemui di Cimahi Techno Park, Selasa (21/6).

Berdasarkan hasil tracing, ungkap Pratiwi, kemungkinan besar penularan COVID-19 di lingkungan Pemkot Cimahi bersumber dari lingkungan. Sebab, akhir-akhir ini aktivitas pekerjaan cukup tinggi.

“Teman-teman banyak kegiatan yang enggak bisa dikerjakan di rumah. Jadi penularan semakin tinggi setelah ada liburan. Inilah yang menyebabkan tingginya kasus di Cimahi,” beber Pratiwi.

Tingginya kasus COVID-19 di kalangan pegawai Pemkot Cimahi membuat Pelaksana Tugas Wali Kota Cimahi, Ngatiyana mengambil langkah tegas. Ia mengintruksikan setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk menetapkan sistem kerja di rumah atau Work From Home (WFH) hingga 70 persen.

“Jadi saya sudah intruksikan yang bekerja di kantor hanya 25 persen karena sudah banyak yang kena (COVID-19),” ungkap Ngatiyana.

Dikatakan Ngatiyana, pegawai secara bergiliran akan mendapatkan kesempatan bekerja di rumah maupun bekerja di kantor. “Jadi bergiliran. Nanti ada yang bekerja di rumah, ada yang di kantor,” ujarnya.

Sebagai upaya pencegahan, seluruh area gedung Pemkot Cimahi melakukan penyemprotan cairan disinfektan. Penyemprotan dilakukan untuk memastikan ruang kerja terbebas dari virus corona, sehingga kinerja pelayanan publik bisa terus berlangsung.

Kegiatan penyemprotan disinfektan ini dilakukan oleh petugas gabungan dari Satpol PP dan Damkar Kota Cimahi, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Cimahi, dan Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Cimahi. Penyemprotan dilakukan di seluruh area kantor, termasuk lorong, serta Masjid As Salam yang ada di kompleks Perkantoran Pemkot Cimahi.

Tinggalkan Balasan