Pemkab Bandung Siapkan 234 Bed Isolasi Covid-19 di RSUD Otista

Otista, tambahnya, belum memenuhi persyaratan untuk perawatan pasien Covid-19 kategori merah. Klasifikasi ruang isolasi merah, kata Grace, sangat tinggi.

Pemindahan RSUD Soreang ke Otista yang sedang dalam proses, terang Grace Mediana, untuk sementara mengalami penundaan. Hal itu dikarenakan adanya pengambilan kebijakan dari kepala daerah, yaitu gubernur dan bupati.

“Meskipun fasilitas di RSUD Otista belum lengkap, namun untuk recovery pasien yang hampir sembuh, bisa dilakukan disini. Sudah siap 234 bed, hanya harus diiringi dengan jumlah SDM-nya. Tapi untuk pasien kategori merah, ruangannya harus betul-betul bebas, atau menggunakan alat filter tekanan negative, betul-betul sirkulasinya bagus, tersedia alat bantu napas atau ventilator juga. Di Otista belum tersedia,” urai Grace.

Jumlah tenaga kesehatan (nakes) yang terpapar saat ini sekitar 225 orang.  Sebanyak 85 orang nakes dari RSUD dan 130 nakes yang tersebar di 62 puskesmas. Pihaknya belum menerima laporan jumlah nakes terpapar dari rumah sakit swasta.

“Mudah-mudahan jumlahnya tidak terlalu banyak. Jumlah nakes terpapar ini bergantian ya, meningkat itu betul, tapi yang sudah sembuh juga ada. Di seluruh Indonesia sekarang kekurangan nakes, karena banyak yang menangani pasien covid. Kemudian dengan adanya nakes yang terpapar, tentu pelayanan menjadi kurang optimal dalam pelayanan,” pungkasnya. (yul)

Tinggalkan Balasan