Hoax! Air Kelapa, Garam, Madu, dan Jeruk Nipis Bisa Sembuhkan Covid-19, Ini Penjelasannya

JAKARTA – Beredar informasi di media sosial bahwa air kelapa, air jeruk nipis, garam, dan madu mampu menyembuhkan orang dari Covid-19. Formula ini juga diyakini dapat membunuh virus korona.

Saat dikonfirmasi, Spesialis Penyakit dalam dan Dekat Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (UI) Ari Fahrial Syam menegaskan hal tersebut adalah tidak benar. “Hoax ini,” tegas Ari kepada JawaPos.com, Sabtu (19/6).

Namun demikian, Ari menuturkan air kelapa dan jeruk nipis memang sangat berguna bagi kesehatan. Tetapi, kedua buah tersebut bukanlah untuk mengobati Covid-19.

“Tapi air kelapa dan air jeruk nipis bagus untuk kesehatan,” katanya.

Sementara terpisah Guru Besar Biologi Molekuler dari Universitas Airlangga (Unair), Chairul Anwar Nidom menegaskan sampai dengan saat ini belum adanya obat dari Covid-19. Sehingga, informasi yang beredar di media sosial adalah tidak benar.

“Sampai detik ini tidak ada obat atau vaksin yang betul-betul efektif, karena virusnya sangat cerdik. Karena kalau ada bahan yang membahayakan dirinya maka virus akan melakukan mutasi,” tutur Nidom.

Nidom menyebut kelapa dan jeruk nipis sangat baik manfaatnya. Sehingga tidak ada larangan bagi masyarakat untuk mengonsumsinya.

“Kalau air kelapa itu fungsinya anti racun. Jadi, kalau ada keracunan langsung minum air kelapa. Sementara jeruk sebagai sumber vitamin c dan anti-radikal bebas,” ungkapnya.

Sebelumnya beredar informasi di media sosial bahwa mengonsumsi air kelapa sebanyak satu buah, kemudian air jeruk nipis satu buah, garam setengah sendok, dan madu dua sendok mampu mengobati Covid-19 dan membunuh virus korona.

“Tolong infokan kepada saudara-saudara, sahabat kita yang terjangkit Covid-19, atau yang akan rapid test dan swab. Ini obat herbal yang manjur sekaligus anugerah dari Allah yang mudah didapat dan tersedia di lingkungan kita untuk membunuh virus dan Covid-19,” bunyi pesan tersebut.

Dalam pesan tersebut juga disebutkan setelah mengonsumsi air kelapa sebanyak satu buah, kemudian air jeruk nipis satu buah, garam setengah sendok dan madu dua sendok, maka virus korona akan hilang dan penderita Covid-19 akan sembuh.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan