Sejarah Coca Cola, Minuman yang Berawal dari Racikan Apoteker, Berikut Sepak Terjangnya

Sejarah Singkat Coca Cola Berawal Dari Racikan Apoteker untuk Obat

Apoteker – John Stith Pemberton

Coca-cola awalnya dijual di Apotek

Seperti dilansir dari Britannica, minuman soda Coca-Cola lahir pada tahun 1886 setelah seorang apoteker bernama John Stith Pemberton membuat racikan sebuah minuman sirup segar guna mengobati berbagai macam penyakit.

Dari berbagai sumber menyebutkan bahwa minuman yang diracik tersebut berbahan ekstrak daun koka dan merupakan bahan baku kokain yang dicampur dengan tambahan kafein dari kacang kola.

Hal itu menyebabkan minuman tersebut diberi nama dengan Coca-Cola, yang ternyata berasal dari nama kedua ekstrak tersebut.

Lalu pada tahun 1903, ekstrak daun kola tersebut dihilangkan dari formula racikan. Walaupun Coca-Cola menyangkal serta menyatakan bahwa produknya sama sekali tidak mengandung ekstrak daun koka, baik dulu ataupun saat ini.

Apoteker – John Stith Pemberton

Apoteker John Stith Pemberton menjual minuman rasa sirup soda tersebut di pasaran. Pada waktu cuaca panas, minuman tersebut ternyata laku dan diterima dipasaran.

Kemudian Perusahaan tersebut beralih ke tangan Griggs Candler pada tahun 1891. Beliau adalah Seorang pengusaha yang  berprofesi sebagai apoteker yang membeli usaha milik Apoteker John Stith Pemberton tersebut.

Selanjutnya ia mendirikan perusahaan baru bernama Coca-Cola Company dalam jarak waktu satu tahun setelahnya.

Di tangan Griggs Candler, penjualan minuman soda Coca-Cola tersebut semakin melejit, dari semula 9.000 galon pada tahun 1890 meningkat menjadi 370.877 galon pada tahun 1900. (pasundanekspres)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan