Bumi Akhirnya Memiliki Samudra Baru di Selatan Antartika

Jumlah Samudra yang ada di bumi akhirnya bertambah setelah Samudra Selatan Antartika ditetapka menjadi Samudra kelima oleh National Geographic Society.

Dengan begitu, Bumi saat ini memiliki lima samudra di antaranya, Samudra Antartika, Atlantik, Pasifik, Hindia, dan Arktik.

Seperti dilansir livescience.com, penetapan ini, bertepatan pada hari Laut Sedunia yang jatuh pada 8 Juni 2021 lalu.

Pakar Geografi Alex Tait mengatakan, sebetulnya Samudra Selatan telah lama diakui oleh para ilmuwan, tetapi karena tidak pernah ada kesepakatan internasional.

Menurutnya, keberadaan Samudra Selatan sangat penting bagi dunia penelitian. Sebab, di Samudra yang tertutup es itu masih banyak menyimpan misteri untuk digali.

National Geographic  sendiri sudah membuat peta pada 1915, tetapi masyarakat hanya secara resmi mengakui hanya empat samudera.

Nama Geografis AS mulai menggunakannya pada tahun 1999, dan Administrasi Kelautan dan Atmosfer Nasional (NOAA) secara resmi mulai menggunakannya tahun ini.

Istilah Tujuh Samudra, sebetulnya jauh lebih tua daripada banyak lautan modern. Tidak ada yang tahu dari mana konsep itu berasal, tetapi istilah itu muncul dalam tulisan-tulisan kuno Yunani, Romawi, Arab, Hindu, Persia dan Cina.

Menurut situs web World Atlas , Tujuh Lautan saat ini dianggap sebagai tujuh perairan samudra terbesar: Arktik, Atlantik Utara, Atlantik Selatan, India, Pasifik Utara, Pasifik Selatan, dan Samudra Selatan atau Antartika.

 

 

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan