Minimalisir Penyelewengan, Digitalisasi Diharap Bisa Tekan Pungli

JAKARTA – Upaya digitalisasi Polri diapresiasi DPR RI. Program digitalisasi ini diharapkan menjadi pondasi awal menuju pelayanan polri yang lebih profesional. Melalui pelayanan digital ini akan meminimalisir penyelewengan.

Ketua Komisi III DPR RI Herman Hery mendukung Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo yang sudah 100 hari memimpin institusi Polri.

Salah satu program yang mendapat dukungan dari Parlemen adalah digitalisasi, yang merupakan implementasi dari tema besar Polri prediktif, responsibilitas, dan transparansi berkeadilan (Presisi).

“Ke depannya kami minta agar program-program terobosan semacam ini terus dikembangkan, program polisi melakukan pelayanan berbasis teknologi digitalisasi,” papar Herman, Rabu (16/6).

Komisi III juga meminta agar Polri menggunakan sentuhan teknologi. Sehingga masalah pungli dan semacamnya bisa berkurang. Karena pelayanan dilakukan secara digital.

“Kami juga minta dukungan dari masyarakat, bahwa apa yang dikerjakan polri hari-hari ini baru basic. Kami mohon dukungan dan doa dari masyarakat agar ke depan kerja Polri lebih profesional, lebih memiliki terobosan-terobosan yang bagus,” jelas Herman.

Saat Rapat Kerja dengan Anggota Komisi III DPR RI, Kapolri Listyo Sigit Prabowo memaparkan program-program kerja yang telah dilakukan selama 100 hari kerja, termasuk hasil survei penilaian masyarakat terhadap institusi Polri oleh lembaga survei nasional.

Kapolri memaparkan, ada 15 aplikasi layanan publik berbasis teknologi informasi yang dimiliki Polri dapat diakses masyarakat semudah memesan makanan ‘pizza’.

“Saat ini, Polri telah menerapkan 15 aplikasi pelayanan publik dengan online system dan delivery system sehingga pelayanan publik Polri dapat lebih cepat, mudah, dan transparan dengan prosedur yang sederhana agar masyarakat bisa mendapatkan pelayanan Polri semudah memesan pizza,” kata Listyo Sigit.

Dia pun merinci ke-15 aplikasi layanan tersebut, yakni SIM Internasional online, SIM Nasional Presisi (SINAR), Ujian Teori SIM online (EAVIS), Elektronik Pemeriksaan Psikologi (E-PPSI), Elektronik Pemeriksaan Kesehatan (E-Rikkes), dan Binmas Online Sistem (BOS).

Selanjutnya Polri TV Radio, Samsat Digital Nasional (SIGNAL), SKCK online, Pelayanan Masyarakat SPKT, Aduan SPKT, SP2HP online, Patrolisiber.id, Dumas Presisi, dan Propam Presisi. (khf/fin)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan