Kadisdik Jabar: Server PPDB Online SMA/SMK Secara Teknis Tidak Bermasalah

BANDUNG – Kepala Dinas Pendidikan Jawa Barat (Disdik Jabar) Dedi Supendi mengatakan, keberadaan server untuk Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) online sejauh ini tidak memiliki masalah.

Menurutnya, informasi mengenai server PPDB Jawa barat yang sempat down adalah tidak benar. Namun, masalah itu terjadi karena diskoneksi antara jaringan inputnya.

‘’Jadi setelah kita selidiki, itu adalah jaringan yang di penginputnya. Jadi bukan server PPDB nya,” ujar Dedi ketika ditemui Jabarekspres.com di Soreang, Kamis (17/6).

Selain itu, masalahan lain yang sempat mengemuka adalah terdapat aduan soal skor nilai jalur prestasi yang dianggap diluar melebihi kewajaran.

Menurutnya, skor nilai terjadi kesalahan dalam inputnyat yang dilakukan pihak sekolah asal. Sehingga  belum dilakukan verifikasi maupun validasi oleh pihak Disdik Jabar.

‘’Jadi, terdapat dua versi penilaian, yakni nilai pendaftaran dan juga nilai versi verifikasi, jadi itu bukan masalah sistem tidak bagus. Sistem mah tidak ada masalah. Yang di proses inputnya saja, yang menginput itu kan SMP,” tutur Dedi.

Untuk itu, Dedi menghimbau kepada para orang tua murid agar tidak panik jika ditemui . masalah dalam PPDB online. Sebab, nilai input jalur prestasi merupakan nilai pada versi pendaftaran, yang diinput oleh penginput data.

Disinggung terkait pengelolaan server yang digunakan, Dedi meminta agar untuk masalah teknis ini bisa ditanyakan langsung ke Tikomdik. Sebab, sejauh ini terdapat beberapa bagian yang bekerjasama dengan pihak ketiga.

“Coba bisa komunikasi dengan Tikomdik karena ada bagian kerjasama juga yang kita lakukan,” tutupnya. (mg1/yan)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan