Carut Marut PPDB Kembali Terjadi

Ditulis Oleh: Cucu Sukmana

Ketua ICMI Muda Jawa Barat

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di Jawa Barat setiap tahunnya masih menui berbagai polemik.

Persoalan PPDB online seperti tidak pernah beres meski telah berjalan sejak lama. Masalahnya pun masih sama seperti tahun sebelumnya. Apalagi PPDB online sudah berjalan 10 tahun lalu.

Tidak ada perubahan yang berarti dalam sisi manajemen pengelolaan maupun perbaikan sistem. Padahal, PPDB diatur dalam Permendikbud No.1 Tahun 2001 lalu diturunkan dalam Pergub No. 688/PK 0201.

Sebetulnya, berbicara tentang PPDB online itu sudah bukan hal baru. Sebab, di era Pandemi Covid-19 sistem PPDB sudah mutlak menggunakan teknologi informasi.

PPDB online semestinya menjadi gate peradaban membangun pendidikan. Tapi yang jadi persoalan adalah aturan atau mekanisme perubahan dari tahun ke tahun.

Peran pemerintah dalam mensosialisasikan mekanisme PPDB online pada publik masih sangat minim. Padahal, ada pos anggarannya.

Lebih parah lagi, masih banyak orang tua yang belum paham soal mekanisme PPDB online saat ini. Padahal kalau kita lihat, pos anggarannya lumayan besar untuk sosialisasi ke masyarakat.

Publik juga seharusnya mempertanyakan itu. Optimalisasi pemanfaatan sasarannya terhadap anggaran publikasi itu saya mempertanyakan.

Dengan tidak adanya sosialisasi yang komprehensif dari pemerintah, justru pihak sekolah yang menanggung biaya untuk pemaparan informasi dalam pelaksaan PPDB online itu.

Jika melihat kelapangan pada kenyataannya para orang tua datang ke sekolah. Dan sekolah juga yang bayarin untuk sosialisasi.

Saya menyoroti itu. itu yang paling krusial sebenarnya. Karena kalau masyarakatnya tidak paham dan pemerintah menganggap itu sudah tuntas kan ini persoalan.

Selain itu, masalah lainnya adalah sistem informasi PPDB online yang tidak memiliki standar minimum. Dengan kata lain, sistem dalam penyelenggaraan PPDB online tersebut asal cukup pakai.

Jangan bicara soal securiti atau keamanan sistem, tapi harus ada sistem berstandarkan dengan ISO 27000 tentang standar keamanan sistem.

Mekanisme ini harus jelas. Artinya bagaimana membangun kepercayaan publik bahwa sistem ini aman.

Berdasarkan pengalaman, para orang tua murid banyak yang bercerita bahwa tidak pernah mendapat pengarahan secara sistem untuk PPDB online.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan