Tingkatkan Layanan Kesehatan, Perawat Nakes Diharapkan Mampu Berinovasi

BANDUNG – Untuk meningkatkan layanan kesehatan, khususnya layanan keperawatan, dibutuhkan perawat yang mampu terus berinovasi.

Dosen Fakultas Keperawatan (Fkep) Universitas Padjadjaran (Unpad), Restuning Widiasih mengatakan, kolaborasi perlu dilakukan lintas sektor dan profesi untuk meningkatkan kualitas pelayanan keperawatan yang holistik.

“Perawat tidak bisa berjalan sendiri namun perawat berpotensi besar untuk menjadi leader para inovator multidisiplin,” kata Restuning di Bandung, Senin (14/6).

Restu mengatakan bahwa perawat memiliki kesempatan mengembangkan budaya inovasi. Peningkatan budaya inovasi ini di antaranya melalui desain pola pikir.

“Membuat framework atau model inovasi akan menjadi panduan dan mengarahkan cara berpikir bagi setiap elemen yang terlibat dalam inovasi,,” katanya

Pada kesempatan tersebut, Restu mempresentasikan framework dalam menciptakan inovasi di bidang keperawatan maternitas yang ia kembangkan bernama M-Motion.

Framework ini diharapkan dapat menjadi alternatif dalam melakukan inovasi keperawatan.

“Pengembangan inovasi layanan keperawatan maternitas menjadi maksimal dengan dipandu oleh framework yang komprehensif,” kata Restu.

Framework tersebut terdiri dari tiga tahapan utama, yaitu pra-inovasi, inovasi, dan pasca-inovasi.

Bernama M-Motion, dapat diartikan M sebagai maternity atau maternitas, dan motion berarti bergerak.

Melalui framework tersebut, Restu bersama tim menciptakan sejumlah inovasi, seperti aplikasi Kesturi yang merupakan aplikasi daring untuk konsultasi maternitas dan kesehatan reproduksi

Selain itu, Restu bersama sejumlah inovator dari berbagai institusi tengah merancang “Detect Me” yang merupakan perangkat portabel pemantau kesejahteraan janin secara mandiri berbasis internet.

“Inovasi VNursLab atau Virtual Nursing Skill Simulation Laboratorium juga tengah dirancang Restu dan tim, yaitu layanan virtual laboratorium untuk kompetensi klinik mahasiswa keperawatan,” katanya.

Dekan Fkep Unpad, Kusman Ibrahim mengatakan, Fkep Unpad telah melakukan transformasi pada berbagai bidang layanan tridarma perguruan tinggi.

Fkep pun terus berupaya untuk  menata dan mengambangkan berbagai program transformasi menuju fakultas bereputasi dunia dan bermanfaat bagi masyarakat.

“Fakultas Keperawatan Universitas Padjadjaran juga telah mengalami transformasi pada berbagai bidang layanan tridarma peguruan tinggi dan akan terus beradaptasi terhadap berbagai perubahan agar bisa tetap tumbuh dan berkembang dalam merespons berbagai tuntutan dan kebutuhan stakeholders,” ujar Kusman.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan