Pentingnya Sinergi Antara Senior dan Generasi Muda untuk Memenangi Persaingan Masa Depan

JAKARTA – Kementerian BUMN berkolaborasi dengan Forum Human Capital Indonesia (FHCI) dan BUMN Muda menyelenggarakan talkshow Erick Thohir Menyapa: Fast Break Menuju Generasi Emas BUMN untuk membangkitkan semangat dan motivasi para talenta muda BUMN agar menjadi The Next Leader.

Talkshow yang diselenggarakan bertepatan dengan Hari Donor Darah Sedunia itu diselenggarakan secara hybrid dengan menghadirkan dua pembicara yaitu Menteri BUMN Erick Thohir dan Ketua BUMN Muda Soleh Ayubi.

Menteri BUMN Erick Thohir yang hadir secara offline di M Block Space Melawai, Jakarta, mengatakan kepada sekitar 20.000 karyawan muda BUMN, baik secara offline maupun online, bahwa keseimbangan penting dalam kehidupan.

“Saya tipe pemimpin yang percaya keseimbangan, saya tidak pernah bilang yang muda itu paling bagus atau paling emosi, yang senior itu paling bijak atau juga paling benar. Keseimbangan itu penting dalam kehidupan,” katanya.

Menteri Erick mengatakan secara khusus meminta kepada para pemimpin BUMN untuk legowo menberi kesempatan tidak hanya pada anak-anak muda Indonesia, namun juga para pemimpin perempuan.

“Kita tidak boleh stagnan, ini yang saya juga secara terbuka berbicara dengan para pimpinan BUMN, pasca Covid ini akan ada perubahan yang besar, kita mesti adaptasi,” katanya.

Ia menyebut, kebutuhan-kebutuhan untuk mengubah mindset dan model bisnis, termasuk 15 kompetensi baru BUMN. Antara lain analytical thinking and innovation, active learning and learning strategies, complex problem solving, dan leadership and social influence.

Menteri BUMN menetapkan target untuk meningkatkan porsi kepemimpinan BUMN oleh generasi muda berusia dibawah 42 tahun sebesar 5% guna mendorong transformasi BUMN. Untuk mendorong pencapaian target itu, FHCI secara khusus membentuk organisasi yang mewadahi karyawan muda BUMN pada 2018.

Organisasi itu mulanya disebut sebagai FHCI Millenials yang kemudian diubah menjadi FHCI Muda pada 2020 dan kemudian BUMN Muda kini. Pada April 2021, Menteri BUMN, Erick Thohir memilih Direktur Digital Healthcare Biofarma Soleh Ayubi menjadi Ketua dari BUMN Muda.

BUMN Muda adalah inisiatif strategis untuk menyatukan dan menguatkan peran talenta muda potensial dari seluruh BUMN sebagai penggerak transformasi BUMN menjadi korporasi profesional berkelas dunia.

Tinggalkan Balasan