Ngatiyana ‘Rolling’ Ratusan Pejabat Pemkot Cimahi, Ini Tujuannya

CIMAHI – Komposisi pejabat di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Cimahi kembali berubah. Ada ratusan pegawai yang dirotasi atau berpindah tempat hingga mendapat promosi jabatan.

Perubahan itu dipastikan ketika Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Cimahi Ngatiyana melantik pejabat struktural, jabatan fungsional yang diberikan tugas tambahan, dan Pegawai Pemerintahan dengan Perjanjian Kerja (P3K) pada Jumat (11/6) di Gedung A Pemkot Cimahi.

Secara keseluruhan, ada 270 Aparatur Sipil Negara (ASN) yang dilantik Ngatiyana. Rinciannya, sebanyak 49 orang dikukuhkan kembali, 45 orang mendapat promosi, 139 di-rolling dan 20 orang P3K yang baru dilantik.

Usak pelantikan, Ngatiyana mengatakan rotasi dan promosi ini merupakan penyegaran bagi ASN yang sudah lama melaksanakan tugas di bidangnya agar mendapat suasana baru dalam jabatan yang baru.

“Tujuannya untuk mendorong pembangunan di Kota Cimahi agar beragam program lebih cepat terlaksana,” ujarnya.

Ngatiyana meminta para pejabat tersebut untuk mengedepankan fakta-fakta yang riil dalam berkomunikasi. Seorang pemimpin harus selalu menyampaikan segala sesuatu sesuai dengan fakta yang sesungguhnya melalui komunikasi yang sepenuh hati, jujur, dan terbuka.

“Menjadi seorang pemimpin tidak hanya dituntut pandai mengatur, tetapi juga paham akan aturan dan taat terhadap aturan, serta menegakkannya di mana pun dia berada,” tuturnya.

Selain itu, perlindungan terhadap organisasi dan perangkatnya, lanjut Ngatiyana, seorang pemimpin harus selalu melakukan perlindungan terhadap organisasi dan orang-orang yang dipimpinnya terhadap pengaruh eksternal yang melemahkan integritas melalui internalisasi nilai-nilai organisasi secara berkesinambungan.

Role model, bahwa seorang pemimpin perlu memberikan contoh keteladanan yang konkrit kepada orang-orang di sekitarnya, dengan selalu menunjukkan konsistensi antara perilaku dengan nilai-nilai yang dianut oleh organisasi,” tegasnya.

Dijelaksan Ngatiyana, pelantikan ini merupakan bagian dari rencana menguatkan tim aparatur, di mana para pejabat yang dilantik ini akan menguatkan dinas dalam proses percepatan pengelolaan administrasi pemerintahan dan pembangunan.

“Diharapkan melalui mutasi ini, dapat terlaksana sebagai momentum untuk merubah semangat di unit-unit, sekaligus memperbaiki silaturahmi internal di masing-masing unit , yang diharapkan lebih baik, lebih kompak dan saling mendukung tugas dalam tim,” ucapnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan