Menakjubkan! Saudi Arabia Berhasil Kembangkan Buah Mangga

JEDDAH – Di Provinsi Barat Arab Saudi tepatnya di wilayah Jazan, telah tumbuh subur ratusan pohon mangga. Bahkan, di daerah itu menghasilkan berbagai macam jenis buah mangga yang biasa tumbuh di daerah beriklim tropis.

Seperti dilansir arabnews.com, di kota Qunfudhah dan Umluj telah tumbuh sekitar 400.000 pohon mangga.

Ada lebih dari 2.700 perkebunan mangga di provinsi Qunfudhah, dengan hasil produksi melebihi 40.000 ton per tahun. Musim panen dimulai pada bulan Mei dan berlangsung selama tiga bulan.

Direktur jenderal Kementerian Lingkungan Hidup, Air dan Pertanian cabang Makkah Saeed bin Jarallah mengatakan, pihaknya sejauh ini menyebarkan bibit tanaman berkualitas untuk para petani di antaranya Mangga, Mawar, dan Madu.

Kementerian setempat memberikan suport untuk budidaya mangga dan buah-buahan tropis dengan memberikan dukungan teknis kepada petani.

Dukungan juga datang dari Organisasi Pangan dan Pertanian PBB dan peran berbagai perguruan tinggi setempat dalam melakukan penelitian.

Budidaya mangga dimulai di Qunfudhah 50 tahun yang lalu, dan 10 festival mangga telah diadakan di gubernuran sejak 2010.

Ali Al-Abdali seorang petani telah mengembangkan buah mangga selama 12 tahun dan memiliki kebun mangga Al-Jawaher di Qunfudhah.

‘’Pertanian tradisional, seperti menanam biji-bijian dan sayuran, adalah sumber kehidupan nenek moyang saya,’’ucap Ali.

Dia menuturkan, setelah dukungan dan penelitian oleh pemerintah di sektor pertanian,akhirnya buah mangga adalah sangat cocok dikembangkan.

Perkebunan mangga Al-Jawaher mencakup lebih dari 30.000 pohon mangga di lahan pertanian seluas 3.200.000 meter persegi di Lembah Al-Ahsa.

Selain itu, dukungan pengairan dengan sistem desalinasi, kualitas tanah, cuaca, mempengaruhi budidaya dan produksi mangga semakin berkembang. (arabnews.com)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan