200 Kuota, Target Vaksinasi Lansia di Setiamanah Cimahi

CIMAHI – Kelurahan Setiamanah, Kecamatan Cimahi Tengah, Kota Cimahi, terus melaksanakan kegiatan vaksinasi Covid-19 yang disasarkan pada warga lansia.

Lurah Setiamanah, Asep Hendrayana mengatakan, kegiatan vaksinasi dijadwalkan pada 2 hari, yakni pada Kamis dan Jumat.

Dari pihak Kelurahan Setiamanah hanya menyediakan sarana prasarana dan mengajak pada masyarakat khususnya lansia, untuk hadir disuntik vaksin.

“Untuk target yang disasarkan sebanyak 180 hingga 200 kuota. Bahkan ada beberapa warga yang tidak bisa divaksin, karena dikarenakan koutanya telah penuh,” ujar Asep, di Kantor Kelurahan Setiamanah, Jumat (11/6).

Sasaran untuk lansia dimulai dari usia 50 hingga 59 tahun. Asep menjelaskan, dari 200 sasaran lansia ini yakni sebanyak 180 lansia, sedangkan 20 orangnya lagi dari lansia di usia 60 tahun ke atas.

“Sisanya umum sama guru, yang umumnya ada sepuluh orang. Alhamdulillah, tidak ada yang gagal vaksin melainkan tidak kebagian suntik vaksin,” bebernya.

Asep merasa, masyarakat telah antusias untuk mengikuti vaksin. Ia berharap, untuk kedepannya akan dilakukan kegiatan vaksin lagi di Kantor Kelurahan Setiamanah.

Sementara itu, ia juga menyinggung soal pandemi covid dengan pemulihan ekonomi. Hal ini merupakan sesuatu hal yang bertolok belakang.

“Di satu sisi karena dengan kegiatan ekonomi tentunya akan berkerumun. Sementara berkerumunan ini, tidak perbolehkan maka dibatasi,” kata Asep, Jumat (11/6).

Namun, Ia tidak membatasi masyarakat untuk berusaha mencari penghasilan. Melainkan, memberikan izin, dengan syarat tetap jalankan aturan protokol kesehatan.

Asep mengimbau, warga Kelurahan Setiamanah yang ingin keluar rumah dengan tujuan belanja atau berdagang harus dianjurkan memakai masker dan mencuci tangan ditempat yang sudah disediakan.

“Untuk masyarakat harus selalu menggunakan handsanitizer, kita terus berupaya supaya tetap mengurangi resiko terpapar tertularnya Covid-19,” tuturnya.

Kasus Positif Bertambah

Adapun kasus Covid-19 di Kelurahan Setiamanah, saat ini kian bertambah. Jumlah kasus yang terbaru sebanyak 23 kasus, pada Jumat (11/6).

Menurut Lurah Setiamanah, Asep Hendrayana, dari 23 yang terkonfirmasi positif Covid-19. Terdapat 3 orang pasien yang diisolasikan di Rumah Sakit (2 RS Dustira, 1 RS Hermina).

Sementara sisanya, saat ini sedang melakukan isolasi mandiri di rumah.

“Sebelum 14 hari ke depan, kurang lebih 10 hari yang lalu. Mungkin, untuk 4 hari ke depan ada yang sudah sembuh juga,” imbuh Asep.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan