Vietnam Sulit Lawan Covid-19, Minta SEA Games 2021 Hanoi Ditunda

HANOI – Pesta olahraga Asia Tenggara SEA Games ke-31 Hanoi 2021 kemungkinan besar ditunda. Vietnam berencana mengundurnya lantaran negara tersebut masih harus bergulat dengan wabah virus corona.

SEA Games tahun ini rencananya diadakan dari 21 November hingga 2 Desember di Hanoi dan sebelas lokasi lainnya, beberapa di antaranya di pusat gelombang baru COVID-19.

“Komite Olimpiade Vietnam, tuan rumah SEA Games ke-31, telah mengirim surat ke negara-negara yang berisi informasi tentang proposal untuk menunda SEA Games ke-31 hingga Juli 2022 karena situasi rumit pandemi COVID-19,” menurut media Vietnam, dikutip dari AFP, Rabu.

Dewan SEA Games, yang berbasis di Bangkok, akan bertemu untuk membuat keputusan. Komite Olimpiade Vietnam mengonfirmasi kepada AFP bahwa pertemuan akan berlangsung Rabu.

Kasus COVID-19 meningkat lebih dari tiga kali lipat di Vietnam sejak April menjadi lebih dari 9.000 kasus.

Meskipun jumlahnya rendah dibandingkan dengan sebagian besar tetangganya di Asia Tenggara, tingkat vaksinasi per kapita Vietnam adalah yang terendah di kawasan tersebut dan di antara yang terendah di Asia, menurut penghitungan AFP.

Ajang SEA Games akan berlangsung di beberapa provinsi yang terkena dampak terburuk COVID-19, termasuk Bac Ninh dan Bac Giang, di timur laut negara tersebut.

Satu venue bulu tangkis di Bac Giang telah diubah menjadi rumah sakit lapangan. Vietnam sebelumnya menjadi tuan rumah kompetisi multi-olahraga pada tahun 2003.

Vietnam telah mengalokasikan anggaran sekitar 69 juta dolar AS atau sekitar Rp 983 miliar untuk SEA Games. (antara/jpnn)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan