Dukung Agenda Pemkot, Warga Kelurahan Pontir Buat Ratusan Lubang Biopori

DEPOK – Pemerintah Kota (Pemkot) Depok sedang menggencarkan pembuatan Lubang Resapan Biopori (LRB) di sejumlah titik. Tak tanggung-tanggung, sebanyak 100.000 LBR pun dicanangkan Pemkot untuk segera dibuat.

Dalam menyambut program Pemkot tersebut, masing-masing kelurahan di setiap kecamatan berlomba-lomba melakukan pembuatan LRB di wilayahnya masing-masing, termasuk hari ini dilakukan juga di RW 12, Kelurahan Pondok Petir (Pontir), Kecamatan Bojongsari.

Dalam kegiatan itu, warga telah berhasil membuat sebanyak 106 LRB. Lubang resapan tersebut diharapkan mampu memaksimalkan peresapan air akibat tingginya curah hujan di Kota Petir itu sepanjang tahunnya.

LRB juga diharapkan dapat mengurangi genangan air di sejumlah wilayah Kota Depok akibat banjir saat terjadi hujan lebat.

Ketua RW Pontir, Kiswanto kepada wartawan mengatakan, ratusan LRB tersebut tersebar di 9 RT. Meski begitu, kata dia, jumlah LRB berbeda di tiap RT.

“Tiap RT miliki jumlah lubang yang berbeda. Ada yang 10, ada juga yang hanya 5, atau bahkan ada yang lebih dari itu tergantung luas areanya,” kata Kiswanto, Kamis (10/6).

Kiswanto mengatakan, kegiatan warga tersebut dilakukan secara swadaya (mandiri). Ia mencontohkan, untuk pipa paralon diperoleh dari warga sendiri, sedangkan untuk peralatannya didapat dari dari kelurahan.

“Manfaat dari LRB ini cukup banyak. Utamanya bagi lingkungan, di mana menjaga pasokan air tanah, mencegah genangan dan juga banjir kala terjadi hujan deras,” ungkapnya.

Dirinya mengajak seluruh warga agar terlibat dalam pembuatan LRB. Sebab, kata dia, manfaatnya akan kembali dipetik oleh warga sendiri. (Mg12/hrs)

Tinggalkan Balasan