Sarana Air Bersih di Desa Cicalengka Wetan Bandung, Warga Rasakan Manfaatnya

CICALENGKA – Prioritaskan kenyamanan bagi warga, Desa Cicalengka Wetan, Kecamatan Cicalengka, Kabupaten Bandung berikan sarana air bersih.

Sekretaris Desa Cicalengka Wetan Ardi Sahri mengatakan, sarana air bersih tersebut telah selesai dilakukan di RW 11.

“Alhamdulillah kita sudah buat sarana air bersih di RW 11, sebetulnya ada di RW yang lain juga namun belum selesai, untuk saat ini yang sudah bisa dinikmati di RW 11,” kata Ardi di tempat kerjanya, Selasa (8/6) kemarin.

Melalui pantauan Jabar Ekspres di lapangan, sarana air bersih di RW 11, Desa Cicalengka Wetan sudah dapat dinikmati oleh banyak warga.

Menurut Ketua Kelompok Pengelola Sistem Penyediaan Air Minum Dan Sanitasi (KP SPAMS) Samsudin mengatakan, pemasangan sarana air bersih di wilayah RW 11 dimulai pada 2018 lalu.

“Mulai awal dibangun sarana air bersih buat torn dan bor tanah untuk narik air pas tahun 2018,” ujar Samsudin.

Saat Jabar Ekspres diajak untuk mengecek beberapa titik sarana air bersih, aliran kran terlihat cukup kencang.

Sementara itu, Anggota KP SPAMS Seksi Kesehatan Rohendi menjelaskan, untuk sarana air bersih bagi warga sampai saat ini telah lebih dari 100 Kepala Keluarga (KK) yang menikmati.

Alhamdulillah, sesuai data, penerima manfaat air bersih di RW 11 ini sudah 190 KK,” ujar Rohendi.

Ia menerangkan, pemanfaatan sarana air bersih hanya bagi warga yang mendaftar, sehingga tidak semua dapat dipasang saluran air.

Rohendi menerangkan, bagi warga yang ingin menikmati sarana air bersih tersebut hanya dikenai biaya Rp 400 ribu rupiah sebagai dana awal pemasangan.

“Buat biaya awal sampai jadi, tinggal pakai itu Rp 400 ribu, ke depannya setiap bulan iuran Rp 4 ribu per satu kubik,” ucap Rohendi.

Dalam pemaparannya, Rohendi berharap agar sarana air bersih dapat sangat bermanfaat bagi warga di RW 11, Desa Cicalengka Wetan, Kecamatan Cicalengka, Kabupaten Bandung. (mg6)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan