5 Negara Kandidat Juara, Piala Eropa 2020 Berlangsung Sabtu Ini

JAKARTA – Jerman, Portugal, Perancis, Inggris, dan Italia masuk dalam daftar tim kandidat juara Piala Eropa 2020. Turnamen sepakbola antar negara Eropa tersebut mulai start pada Sabtu (12/6) mendatang dan dapat ditonton live lewat RCTI dan Mola TV.

Di antara 6 grup dalam ajang EURO 2021, Grup F bisa dibilang sebagai grup terberat. Mengingat di sana terdapat 3 kekuatan utama sepakbola benua biru, seperti: Jerman, Portugal, dan Perancis. Sementara kontestan keempat, Hungaria, diprediksi menjadi tim terlemah.

Berbicara mengenai raihan trofi Piala Eropa, kubu Jerman, Perancis, maupun Portugal tercatat pernah tampil sebagai juara. Die Mannschaft menjadi juara dalam 3 edisi, yakni: 1972, 1980, dan 1996.

Les Bleus melakukannya sebanyak 2 kali, yakni tahun 1984 dan 2000. Di samping itu, skuad besutan Didier Deschamps tahun ini juga terjun ke ajang EURO dengan menyandang status sebagai juara Piala Dunia 2018. Adapun Portugal baru sekali mengangkat trofi, yakni pada edisi teraktual 2016 alias berstatus juara bertahan. Dengan masih diperkuat sejumlah pilar utama, termasuk mega bintang Juventus, Cristiano Ronaldo, skuad A Seleção tetap layak diperhitungkan untuk mempertahankan gelar.

Melihat rentetan prestasi di atas, tak berlebihan jika salah satu tim penghuni Grup F berpeluang menggondol trofi juara Piala Eropa 2020. Duel big match antara Perancis vs Jerman dijadwalkan pada Rabu (16/6) mendatang, di Fußball Arena München, Jerman. Pertarungan tersebut akan menjadi laga perdana kedua tim dalam ajang EURO kali ini.

“Kami harus bisa mengatasi tekanan. Kami cukup diuntungkan karena bermain di kandang. Namun, Prancis dan Portugal diperkuat banyak pemain berpengalaman, dan tidak terpengaruh meski bermain kandang atau tandang,” papar Joachim Löw, juru latih Jerman, dilansir dari tirto.id yang mengutip laman resmi UEFA.

“Di turnamen ini banyak hal bisa terjadi. Tim-tim besar di Eropa sangat merata (dalam hal kualitas) dan ada beberapa tim yang akan mengejar gelar,” imbuhnya.

Di samping 3 kontestan di atas, kekuatan Timnas Inggris dan Italia juga layak diperhitungkan dalam deretan kandidat terkuat peraih gelar juara. Bagi skuad The Three Lions, EURO 2020 merupakan peluang untuk meraih trofi perdana. Gareth Southgate selaku manajer tim mengombinasikan pemain muda plus penggawa berpengalaman, seperti: Marcus Rashford, Phil Foden, Mason Mount, Jadon Sancho, hingga Harry Maguire.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan