Masih Jauh dari Target, Tingkat Vaksinasi Lansia di Depok

DEPOK – Meski pelaksanaan vaksinasi untuk kelompok lanjut usia (lansia) di Kota Depok sampai saat ini berjalan cukup baik. Namun, angka pencapaiannya masih jauh dari target.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok, Novarita mengatakan, vaksinasi bagi lansia sampai sekarang masih jauh dari harapan.

Belum lagi total penduduk di Depok yang mesti divaksin baru mencapai 14 persen.

“Sampai sekarang capaian vaksinasi baru mencapai 142 ribu orang atau setara 14 persen dari total penduduk Depok,” kata Novarita, Senin (31/5).

Sementara untuk vaksinasi bagi lansia masih jauh dari target,” sambungnya.

Atas hal itu, ia meminta kepada Komisi Daerah (Komda) Lanjut Usia (Lansia) agar berpartisipasi dalam mendorong percepatan vaksinasi lansia di Kota Belimbing itu.

“Kami meminta bantuan kepada Komda Lansia untuk bisa memotivasi setiap anggotanya supaya bersedia untuk divaksin,” ujar Novarita.

Ia lebih lanjut menyebutkan, dari informasi yang didapatkan, ternyata para lansia di Depok sejauh ini belum memiliki pemahaman yang utuh dan jelas mengenai vaksinasi.

Mereka juga, kata Novarita sangat minim memahami manfaat dari vaksinasi itu sendiri.

Padahal, tutur dia, tujuan utama vaksinasi adalah untuk mengurangi tingkat keterpaparan Covid-19.

Ia juga menambahkan, dalam rangka mempercepat vaksinasi lansia ini, pihaknya terus lakukan upaya cepat dan tepat untuk menangani penyebaran Covid-19 di Kota Petir itu.

“Kami terus lakukan penjemputan dan pengantaran lansia ke lokasi pelaksaan vaksin. Bahkan kami juga melakukan strategi jemput bola demi menuntaskan pelaksanaan vaksinasi bagi lansia ini,” tandasnya. (Mg12)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan