Penyalahgunaan Narkoba pada Masa Pandemi, Ini Pesan BNNP Jabar

CIMAHI – Penyalahgunaan narkoba di berbagai kalangan anak muda menjadi salah satu masalah yang pada masa pandemi Covid-19.

Kepala BNNP Jawa Barat, Brigjen Pol Dr. Benny Gunawan menyebutkan, penyalahangunaan narkoba yang tertinggi di Jawa Barat yakni di wilayah Cianjur, Sukabumi dan Bogor.

“Kemudian, Kota Bandung (dengan medium, red) jarum suntik menjadi ranking yang pertama. Ini barangkali sesuatu yang harus kita tanggulangi bersama,” terang Benny saat ditemui di Pendopo DPRD Kota Cimahi, Minggu (30/5).

Benny menginginkan masyarakat terutama para kaum milenial (anak muda) menjauhi narkoba. Sebab saat ini angka prevalensinya cukup signifikan yakni sekitar 24 persen.

“Kalau kaum pekerja, wajar, mereka punya uang, tapi bagi milenial; pelajar/mahasiswa ini sangat memberatkan. Karena mereka tidak mempunyai pekerjaan karena masih meminta uang kepada orang tuanya. Mereka membeli sesuatu dengan cara urunan (patungan),” ucapnya.

Benny mengimbau kepada anak muda untuk menjaga pergaulannya dengan hati-hati, ketahui dulu dari karakter teman-temannya di sekitar. Supaya tidak terjerumus dalam hal-hal yang tidak diinginkan.

“Bagi orang tua supaya pada saat pandemi ini betul-betul menjaga anak-anaknya dan pada kesempatan ini juga dari PNM menghimbau agar supaya kita bekerja sama dengan seluruh lapisan masyarakat,” ujarnya.

“Dan juga saat ini kita bekerja sama dengan pemerintah daerah untuk melakukan program-program pemberantasan melalui media virtual (medsos),” tutupnya. (Mg5)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan