Lansia, Kondisi, Tantangan dan Peluang.

Kebaikan sosial adalah terawatnya para Lansia oleh para pekerja sosial keperawatan Lansia yang kompeten dan profesional, baik dalam bentuk perawatan kunjungan rumah (home visit) maupun dengan menerima para Lansia di lembaga perawatan Lansia baik yang diselenggarakan oleh Negara maupun Masyarakat dalam sistim manajemen  yang  humanis dan profesional.

Sedangkan kebaikan secara ekonomi adalah menjadikan pemenuhan atas pengabaian ini diarahkan tidak sekedar aktivitas sosial semata tapi juga sebagai peluang usaha/bisnis dalam bentuk penyiapan lembaga pendidikan setingkat SMK dengan konsentrasi pekerja sosial keperawatan Lansia yang benar benar disiapkan secara profesional dan bernilai ekonomis. Selanjutnya pendirian lembaga perawatan Lansia yang dikelola secara profesional untuk melengkapi lembaga sejenis yang secara terbatas telah disiapkan oleh negara.

Lembaga demikian bisa saja bersifat komersial dengan mutu layanan terjamin karena segmen  sasaran penggunanya adalah Lansia dari keluarga mampu yang tidak cukup memiliki waktu untuk merawat Lansianya. Dengan demikian fenomena Lansia ini bisa  hadir sebagai “Peluang Bisnis”. Kedengarannya agak ekstrim dan tidak humanis, namun dari sisi peluang bisnis hal ini tidak bisa dilewatkan.

 

Penutup.

Memperhatikan dan merawat orangtua /Lansia adalah keniscayaan sebagaimana firman Allah  dalam surah Al Isra ayat 23  : ” Dan Tuhanmu telah memerintahkan agar kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah berbuat baik kepada ibu bapak. …”.  Ayat ini menegaskan bahwa berbuat baik kepada orangtua/Lansia adalah proses sepanjang hayat yang tidak boleh berhenti bahkan sampai saat mereka telah meninggal.

Realitas yang menunjukan adanya tendensi pengabaian terhadap para Lansia adalah dampak dari perkembangan sosial, ekonomi dan budaya masyarakat yang berhadapan dengan posisi marginal fitrah/kondisi para Lansia itu sendiri.

Agar para Lansia tidak terabaikan mutlak diperlukan perhatian dari semua pihak, baik dari internal keluarga, masyarakat dan negara. Idealnya tetap memelihara harmoni keluarga dan bila hal ini tidak  tercapai maka harus disiapkan opsih lain yang mutunya  harus setara dengan harmoni yang berlangsung di lingkup keluarga. Dalam konteks inilah fenomena Lansia menghadirkan dua kebaikan yaitu secara sosial dan secara ekonomi menyangkut penyiapan tenaga dan lembaga  profesional yang menangani dan merawat para Lansia ini.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan