Nenek Berumur 100 Tahun Selamat dari Tanah Longsor di Lembang

LEMBANG – Hujan deras yang mengguyur kawasan Lembang, Kabupaten Bandung Barat, pada Jumat (21/5) sore menyebabkan banjir hingga tanah longsor yang mengakibatkan bagian rumah di atasnya ambruk.

Rumah yang ambruk karena pondasi tanahnya tergerus air tersebut milik Dadi Supriyadi, 53, di Kampung Bewak RT 04/04, Desa Jayagiri, Kecamatan Lembang, KBB.

Di balik kejadian longsor tersebut, terselip satu cerita mengharukan tatkala Ai Wari yang tak lain merupakan ibu mertua Dadi selamat dari longsor tersebut. Ai Wari diyakini oleh pihak keluarga sudah menginjak usia 100 tahun.

Dadi mengisahkan jika ibu mertuanya itu sedang berada di kamarnya sesaat sebelum kejadian. Apalagi, dinding rumah yang ambruk itu juga merupakan dinding dari kamar Ai Wari.

“Jadi yang pertama diselamatkan itu ibu mertua saya. Karena usianya kan sudah sepuh sekitar 100 tahun, jadi tidak bisa bergerak sendiri. Langsung dipindahkan ke ruang tengah,” tuturnya.

Ai Wari saat ini ada di ruang kantor RW. Kendati alakadarnya, setidaknya ruangan itu lebih aman ketimbang rumah Dadi yang masih menyimpan bahaya lantaran terancam longsor susulan.

Di kantor RW itu, Ai hanya bisa merenung dengan tatapan mata yang kosong. Apalagi Ai sendiri sudah tak lancar berbicara ditambah pendengarannya yang sudah tak berfungsi dengan normal.

“Alhamdulillah masih sehat, meskipun bicara sama pendengarannya sudah kurang jelas. Tapi enggak pernah mengeluh sakit apapun,” kisahnya.

Kini dirinya berharap ada bantuan dari pemerintah untuk bisa merenovasi rumahnya. Apalagi, ibu mertuanya sudah tak kerasan berada di tempat pengungsian sementara.

“Ya harapannya ada yang bisa bantu buat perbaiki rumah saya. Jadi saya sekeluarga bisa balik lagi ke rumah,” pungkasnya.

Adapun, bagian rumah milik Dadi yang terdampak yakni pada bagian dapur dan kamar. Tembok dapur dan kamar sepanjang 8 meter ambruk menimbun tiga makam warga yang tepat berada di bawahnya.

Menurutnya, longsor di bagian belakang rumahnya itu terjadi pada malam hari, saat hujan deras mengguyur. Longsor pertama terjadi pada pukul 20.00 WIB. Lalu longsor kedua terjadi dini hari, sekitar pukul 02.00 WIB.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan