Waduh! Pasca Lebaran, Kasus Covid-19 di Ujungberung Meningkat Tajam

BANDUNG- Usai libur lebaran 2021, tercatat beberapa wilayah kecamatan yang mengalami kenaikan kasus Covid-19. Salah satunya adalah Kecamatan Ujungberung yang saat ini menyalip Kecamatan Antapani sebagai kecamatan dengan kasus aktif Covid-19 terbanyak di Kota Bandung, Minggu, (16/5).

Menurut Jajang Hamdani selaku Camat Ujungberung, di wilayah Ujungberung sendiri terdapat 70 pasien Covid-19 yang masih dalam perawatan.

“Kita selalu cek dari situs Covid-19 Bandung. Terakhir itu hari ini Senin, 17 Mei 2021, pukul 09.00 WIB, di Ujungberung tercatat ada 70 pasien Covid-19 yang masih dalam perawatan dan isolasi mandiri,” ujarnya saat diwawancarai Senin (17/05).

Camat Tutup Alun-Alun Ujungberung

Menanggapi situasi tersebut, Camat Ujungberung sepakat menutup sementara Alun-Alun Ujungberung dengan memasang pagar palang bambu serta spanduk pemberitahuan. Hal tersebut atas imbauan dan instruksi Wali Kota Bandung dalam Peraturan Wali Kota (Perwal) Nomor 73 Tahun 2020 tentang pelaksanaan AKB, terlebih untuk menghindari kerumunan saat Libur Panjang Idulfitri.

Sementara itu Kecamatan Antapani yang selama beberapa pekan berada di posisi teratas dengan jumlah kasus aktif terbanyak, kini berada di posisi kedua dengan 64 kasus dalam perawatan.

Saat ini terdapat 10 kecamatan di Kota Bandung dengan jumlah kasus positif aktif Covid-19 terbanyak usai libur Hari Raya kemarin. Di antaranya Kecamatan Ujungberung dengan 70 kasus, Kecamatan Antapani 64 kasus, Kecamatan Rancasari 58 kasus, Kecamatan Cicendo 50 kasus, Cibeunying Kidul 41 kasus, Batununggal 40 kasus, Arcamanik 40 kasus, Mandalajati 35 kasus, Sukasari 30 kasus, serta Regol 30 kasus.

Kasus positif aktif adalah kasus positif Covid-19 terkonfirmasi yang saat ini sedang menjalani perawatan berupa isolasi. Isolasi di rumah sakit, hotel, atau juga rumah. Kasus positif aktif berakhir ketika pasien dinyatakan sembuh atau meninggal dunia.

Jumlah kasus positif aktif, sebagaimana jumlah kasus lain terkait pandemi Covid-19, merupakan data yang bersifat dinamis. Perubahan terjadi setiap hari sesuai dengan tindakan penanganan yang dilakukan di lapangan.

Secara keseluruhan, Kota Bandung pada Minggu 16 Mei 2021 melaporkan jumlah total kasus positif Covid-19 sebanyak 18.403. Terdiri dari 745 kasus aktif, 17.341 kasus sembuh, serta 317 kasus meninggal dunia.

Tercatat ada pengurangan 53 kasus positif aktif dibandingkan data sebelumnya. Sementara kasus sembuh bertambah 80 orang dan kasus meninggal bertambah 8 orang.

Tinggalkan Balasan