Dinkes Depok Siapkan Tes Antigen Gratis Bagi Warga Pendatang dan Pulang Mudik

DEPOK – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok tengah menyiapkan rapid tes antigen gratis bagi warga pendatang dan yang sedang pulang mudik.

Kepala Dinkes Kota Depok, Novarita menuturkan, pelaksanaan rapid tes antigen secara gratis itu rencananya digelar selama 7 hari dimulai sejak tanggal 16 Mei hingga 22 Mei 2021.

“Rapid tes antigen dilaksanakan mulai tanggal 16 sampai 22 Mei (2021). Tes antigen sendiri akan menyasar pada warga pendatang dan yang baru pulang mudik yang tidak mengantongi surat bebas Covid-19,” kata Novarita, Senin (17/5).

Pelaksanaan rapid tes antigen menurut dia, mengacu pada Surat Wali Kota Nomor 8.02/401/SATGAS/2021 tentang Rapid Test Antigen Bagi Warga Pada Arus Balik Mudik.

Surat tersebut dikeluarkan pada 14 Mei lalu menindaklanjuti arahan Gubernur Jawa Barat dalam rangka pengendalian virus corona di tengah aktivitas arus balik mudik.

Lebih lanjut, Novarita mengatakan dalam pelaksanaan tes antigen ini, pihaknya bekerja sama dengan Polres Metro (Polrestro) Depok untuk rapid tes antigen di lokasi penyekatan.

Sedangkan, untuk pelaksanaan rapid tes antigen di Puskesmas, pihaknya bersinergi langsung dengan RT-RW dan kelurahan setempat.

“Untuk yang kerja sama dengan Polrestro sudah berjalan mulai dari tgl 16 Mei. Sedangkan kalau yang di Puskesmas masih koordinasi dengan lurah terkait data warga yang pulang mudik,” paparnya.

Untuk lokasi pelaksanaan rapid tes antigen bagi warga pendatang dan yang baru pulang dari mudik digelar di dua lokasi penyekatan.

“Kami adakan di Pos Penyekatan Jl. Raya Bogor di depan SPBU Cilangkap dan Sawangan bersama dengan pihak kepolisian,” ujarnya (Mg12/hrs)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan