Desak PBB untuk Bertindak, Tiongkok Tegas Bela Palestina

CHINA – Tiongkok mendesak Dewan Keamanan PBB bersikap atas konflik Israel-Palestina. Menteri Luar Negeri Tiongkok Wang Yi meminta Dewan Keamanan PBB untuk mengupayakan penurunan awal kekerasan antara Israel dan Hamas.

Dia juga menyalahkan AS atas kurangnya tindakan dewan sejauh ini. Ia menilai Dewan Keamanan PBB gagal mencapai kesepakatan.

“Sayangnya, dewan sejauh ini gagal mencapai kesepakatan, dengan Amerika Serikat berdiri di sisi yang berlawanan dari keadilan internasional,” kata Wang dalam percakapan telepon hari Sabtu (15/5) dengan Menteri Luar Negeri Pakistan Shah Mahmood Qureshi seperti dilansir dari Global Times, Minggu (16/5).

Menurutnya, dalam beberapa hari terakhir, konflik Israel-Palestina terus meningkat, menyebabkan korban besar, yang menyedihkan. Pertama, kata Wang, akar penyebab memburuknya situasi adalah bahwa dalam waktu yang lama tidak ada solusi yang adil untuk masalah Palestina.

Terutama, dalam beberapa tahun terakhir, proses perdamaian Timur Tengah telah menyimpang dari jalur aslinya. Resolusi Dewan Keamanan PBB belum dilaksanakan dengan sungguh-sungguh. Khususnya, hak Palestina untuk membangun negara merdeka terus dilanggar, menambah penderitaan rakyat Palestina.

“Menyebabkan intensifikasi konfrontasi Palestina-Israel dan konflik berulang,” kata Wang. (jawapos.com)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan