Curug Cigetruk, Destinasi Wisata Baru Kabupaten Cirebon

CIREBON – Kecamatan Dukupuntang dikenal sebagai salah satu wilayah kecamatan penyangga pariwisata berbasis alam (Agrowisata) di Kabupaten Cirebon.

Terdapat berbagai sumber daya alam dan berpotensi dikembangkan menjadi destinasi baru wisata di wilayah yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Kuningan dan Majalengka ini.

Salah satunya adalah keberadaan Curug Cigetruk, Kecamatan Dukupuntang Kabupaten Cirebon yang menyimpan keindahan alam yang eksotis.

Suhanan alias Enon selaku Humas Curug Cigetruk mengatakan, lokasi curug tersebut berada di sebelah selatan Desa Mandala, yang berbatasan dengan Kabupaten Kuningan.

“Curug ini ketinggiannya sekitar 27 meter dan belum banyak diketahui oleh wisatawan. Untuk menuju ke lokasi ini akses jalannya cukup mudah, bisa ditempuh menggunakan sepeda motor maupun mobil. Jika dari pusat pemerintahan Kabupaten Cirebon, jaraknya kurang lebih 20 km,” katanya.

Dijelaskan Enon, untuk lokasi parkir kendaran seperti motor tersedia di dalam dan bisa menampung sekitar 50-60 motor, sedangkan untuk mobil bisa parkir di lapangan yang tidak jauh dari lokasi.

“Pengunjung bisa menikmati suasana air terjun dengan menuruni anak tangga. Sejumlah sarana dan prasarana sudah tersedia seperti MCK, kolam dan warung kopiter, dan beberapa fasilatas lainnya saat ini masih dalam proses pengerjaan di beberapa bagian. Di sekliling curug ini terdapat hamparan-hamparan sawah yang luas menghijau dengan landscape terasering yang indah,” jelasnya.

Enon menyebutkan, Curug Cigetruk menjadi salah satu tujuan wisata yang harus dikunjungi bersama orang terdekat, pasalnya curug ini menjadi curug satu satunya tertinggi di Kabupaten Cirebon

“Untuk tiket masuk pun terjangkau saat ini perorang dikenakan biaya 5.000 dan parkir sekitar 2.000 untuk motor 5.000 untuk mobol. Namun para pengunjung diwajibkan menggunkan masker dan menjaga jarak,  selamat berwisata,” pungkasnya. (radarcirebon)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan