Dinkes Kota Cimahi Bakal Laksanakan Gebyar Vaksinasi Lansia

CIMAHI – Demi mencegah penularan Covid-19 di berbagai wilayah Kota Cimahi. Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Cimahi akan menyelenggarakan kegiatan gebyar vaksinasi lansia tahap kedua dosis pertama secara serentak.

Kegiatan tersebut akan dilaksanakan 5 hari lagi selepas lebaran Hari Raya Idulfitri 1442 H, yaitu pada tanggal 17-22 Mei 2021 mendatang.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Cimahi Pratiwi mengimbau, kepada masyarakat untuk membawa orang tuanya (lansia) di setiap kelurahan untuk disuntik vaksin guna mencegah penyebaran Covid-19.

“Bagi warga masyarakat yang memiliki orang tuanya (lansia) tolong dibawa ke tempat pelayanan di seluruh tempat kelurahan yang ada di Kota Cimahi. Nanti melalui Pak RT/RW-nya dikasih tahu, untuk jam dan tempatnya di mana,” ujarnya saat ditemui di Kawasan Gate Tol Baros 1, Rabu (12/5) kemarin.

“Mudah-mudahan bisa membentuk herd immunity di Cimahi lebih cepat, dengan sasarannya lansia diatas usia 60 keatas,” tambahnya.

Seperti sebelumnya, penyuntikkan vaksinasi kedua dosis pertama akan melalui beberapa tahapan. Dimulai dari tahap melakukan pengisian data, melakukan screening yakni ditanya soal riwayat penyakit dan sebagainya, jika tidak ada penyakit apapun baru dibolehkan untuk disuntik jika ada penyakit (stroke, jantung, atau hipertensi, dll.) maka penyuntikan akan ditunda, lalu setelah itu lakukan observasi selama 30 menit.

“Kenapa diutamakan lansia? Karena cakupan kita masih sangat rendah,” terangnya. (Mg5)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan