Pemkab Karawang Gandeng BCA untuk Pembayaran dan Penerimaan PBB

KARAWANG– Digitalisasi pembayaran dan penerimaan Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) yang digulirkan Pemerintah Kabupaten Karawang, Jawa Barat didukung penuh oleh PT Bank Central Asia Tbk (BCA).

Dukungan itu dilakukan dengan melakukan penandatanganan kerja sama yang dilakukan oleh Kepala Badan Pendapatan Daerah Kabupatan Karawang Hadis Herdiana dengan Kepala Kantor Cabang Utama Lippo Cikarang Sunny Karya. Penandatanganan kerja sama itu disaksikan oleh Bupati Karawang Cellica Nurrachadiana dan Kepala BCA Kantor Wilayah IX Djoko Rosmiatun Mijaata di Resinda Hotel, Karawang. Rabu (05/05).

Menurut Djoko, kerja sama itu mempermudah nasabah dan masyarakat dalam melakukan pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan dan Perkotaan (PBB P2) serta mendukung pengelolaan pendapatan pemerintah daerah untuk kepentingan masyarakat banyak.

Ia mengatakan, PBB merupakan salah satu elemen penting, terutama menjadi salah satu sumber penghasilan daerah yang peruntukkannya akan dikembalikan dalam bentuk pembangunan bagi kemajuan daerah.

Kerja sama yang dilakukan dengan Pemkab Karawang merupakan bagian dari upaya BCA menghadirkan kemudahan bagi masyarakat dan Pemkab Karawang dalam melakukan pengelolaan pendapatan daerah untuk kemajuan bersama.

“Kami sangat memahami kebutuhan Pemkab Karawang serta masyarakat dan nasabah BCA untuk memenuhi kewajibannya dalam membayar PBB secara mudah, aman, dan nyaman,” katanya.

Djoko mengatakan, pembayaran PBB Karawang di ATM BCA baru dapat dilakukan dalam satu-dua bulan ke depan, untuk memastikan kesiapan sistem di BCA dan Bapenda Karawang.

Kepala Badan Pendapatan Daerah Kabupatan Karawang Hadis Herdiana menyampaikan kalau kerja sama itu ialah bentuk dari perluasan jaringan dan memudahkan pembayaran, sekaligus sebagai pemanfaatan digital.

Selama ini pihaknya sudah bekerja sama dengan sejumlah perbankan untuk pembayaran PBB. Kali ini dilakukan kerja sama dengan BCA. Sebab sesuai dengan laporan, cukup banyak nasabah BCA di Karawang.

“Jadi ini bentuk dari perluasan jaringan. Tujuannya untuk memudahkan pembayaran dan pemanfaatan digital,” ujar Hadis.

Bupati Karawang Cellica Nurrachadiana mengatakan selama ini banyak warga yg menggunakan transaksi BCA. Karena itu pihaknya menggandeng pihak perbankan untuk memudahkan pembayaran BCA. (*)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan