Kian Menjamur Jelang Idulfitri, Satpol PP KBB Segera Tertibkan Anjal dan Gepeng

NGAMPRAH – Jajaran Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Bandung Barat (KBB) bakal menertibkan keberadaan anak jalanan (anjal) serta gelandangan dan pengemis (gepeng) yang kian menjamur jelang Hari Raya Idulfitri.

Beberapa wilayah yang menjadi langganan tempat mangkal anjal dan gepeng untuk mengais rupiah dari belas kasihan masyarakat ada di Padalarang dan Lembang.

Kepala Satpol PP KBB, Asep Sehabudin, mengatakan pihaknya bakal menertibkan para anjal dan gepeng yang tak jarang meresahkan masyarakat dan pengguna angkutan umum.

“Kita akan tertibkan para anjal dan gepeng menjelang Lebaran karena memang keberadaannya semakin banyak, apalagi di persimpangan seperti Padalarang dan Lembang,” ujar Asep saat ditemui di Padalarang, Senin (10/5).

Kebanyakan anjal dan gepeng yang mencari nafkah berasal dari luar wilayah KBB, seperti Cianjur. Mereka juga rata-rata tak memiliki kartu identitas bahkan sebagian laginya masih anak-anak.

“Anjal dan gepeng di KBB itu banyaknya luar, ada sebagian dari Cianjur. Jadi mereka sengaja datang apalagi menjelang lebaran seperti sekarang. Rata-rata tidak punya KTP dan di bawah umur,” terangnya.

Selain dengan melakukan penertiban anjal dan gepeng, pihaknya juga meminta agar masyarakat tak memberi mereka uang. Hal itu bakal membuat para gepeng dan anjal kian betah.

“Anjal dan gepeng kalau terus diberi (uang) maka akan jadi kebiasaan. Nanti kita imbau masyarakat tidak memberi apapun pada mereka. Berbuat baik boleh, tapi kalau salah sasaran malah menimbulkan keresahan,” tegasnya. (mg6/drx)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan