Jelang Libur Lebaran, Disbudpar Kota Bandung Siapkan Rapid Test di Tempat Wisata

BANDUNG – Kepala Bidang Kepariwisataan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Bandung, Edward Edo Parlindungan mengatakan, saat libur lebaran nanti, tidak banyak destinasi wisata di Kota Bandung yang akan buka.

“Jadi memang kalau untuk destinasi objek wisata di Kota Bandung, untuk saat ini masih belum terlalu banyak yang buka,”ujarnya saat ditemui di Balaikota Bandung, Jl. Wastukencana No. 2, Kecamatan Sumur Bandung, Kota Bandung, Selasa (11/5).

Namun, bagi sejumlah tempat wisata yang masih buka, akan dipantau oleh Disbudpar agar tetap beroperasi sesuai peraturan yang berlaku. Destinasi wisata tersebut di antaranya Kebun Binatang, Taman Lalu lintas, Karangsetra, Trans Studio Mall (TSM) Bandung, Saung Angklung Udjo, dan Kiara Artha Park.

“Jadi sekarang kita sedang konsentrasikan di 6 titik yang akan kita pantau,”ujarnya.

Dalam rangka pemantauan tersebut, pihaknya berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan agar dapat menyediakan fasilitas rapid test kepada para pengunjung. Harapannya, dengan langkah pencegahan ini, tempat wisata tetap beroperasi sehingga dapat memulihkan ekonomi, namun dengan menerapkan protokol kesehatan agar tetap aman.

“Kita berkoordinasi dan bekerjasama dengan Dinas Kesehatan. Dari hari Minggu kemarin kita sudah mulai dengan test rapid di Kebun Binatang,”katanya.

Fasilitas tersebut juga akan disiapkan di Karang Setra, Taman Lalu Lintas, Trans Studio Mall Bandung (TSM), dan Saung Angklung Udjo.

“Jadi selain kemarin di Kebun Binatang, hari ini juga kita melaksanakan di Karang Setra. Dan nanti di tanggal 15 di Taman Lalu Lintas, tanggal 17 di Trans Studio Mall Bandung (TSM). Dan nanti yang terakhir di Saung Angklung Udjo,”terangnya.

Untuk memberikan kenyamanan bagi pengunjung, pihaknya meminta pengelola tempat wisata menyediakan pos kesehatan. Terutama di puncak hari Libur Lebaran tanggal 13 Mei mendatang. (Mg10)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan