H-2 Idulfitri, BMKG Kota Bandung Sudah Persiapkan Agenda Mencari Hilal

BANDUNG – Dua hari menjelang Idulfitri, Badan Meteorologi dan Klimatologi Geofisika (BMKG) Kota Bandung telah mempersiapkan agenda untuk mencari hilal untuk memastikan bulan Syawal 1442 Hijriah.

Data atas pencarian hilal yang bakal disampaikan adalah posisi hilal pada hari Selasa (11 Mei 2021) dan Rabu (12 Mei 2021), dalam hal ini BMKG Kota Bandung sudah mempersiapkan segala hal yang diperlukan dalam menentukan hilal 1442 H, seperti yang dijelaskan oleh Rasmid selaku Kepala Seksi Data dan Informasi.

“Mekanisme pengamatan atau rukyat hilal penentu awal bulan Qomariah (Hijriyah) oleh BMKG, kita sudah mempersiapkan alat untuk mendeteksi hilal dengan memanfaatkan teleskop/teropong terkomputerisasi yang dipadukan dengan teknologi informasi,” katanya.

“Saat pengamatan dilaksanakan, kecerlangan cahaya hilal akan direkam oleh detektor yang dipasang pada teleskop yang secara otomatis mengikuti berubahnya posisi bulan di ufuk barat,” jelas Rasmid saat diwawancarai di Kantor BMKG Kota Bandung, Senin (10/05).

Penentuan hilal awal bulan syawal 1442 H ini juga dilakukan serentak di seluruh wilayah Indonesia pada Selasa (11 Mei 2021) dan Rabu (12 Mei 2021).

“Memasuki bulan Syawal nanti, BMKG akan melaksanakan Rukyat Hilal pada 11 dan 12 Mei 2021 di 29 lokasi di Indonesia,” sambungnya.

“Yaitu Banda Aceh, Medan, Deli Serdang, Padang, Bengkulu, Tangerang, Serang, Subang, Cirebon, Banjarnegara, Yogyakarta, Malang, Badung, Denpasar, Mataram, Kupang, Alor, Balikpapan, Manado, Donggala, Gorontalo, Makassar, Kolaka, Ternate, Ambon, Sorong, dan Jayapura,” paparnya.

Tim Stasiun Geofisika Bandung sendiri akan melakukan pengamatan pertamanya di Tower SMA Ashta Hanas Kabupaten Subang bersama dengan BHRD Provinsi Jawa Barat pada tanggal 11 Mei 2021 dan melakukan pengamatan kedua di Stasiun Geofisika Bandung pada tanggal 12 Mei 2021.

Dalam kegiatan ini Tim Stasiun Geofisika Bandung bakal dipimpin langsung oleh Kepala BMKG Stasiun Geofisika Bandung, Teguh Rahayu.

Adapun untuk waktu terbenam matahari di Tower SMA Ashta Hanas Kab. Subang tanggal 11 Mei 2021 adalah pukul 17.40 WIB, lalu di Stasiun Geofisika Bandung tanggal 12 Mei 2021 adalah pukul 17.40 WIB.

Dengan memperhatikan waktu konjungsi dan waktu matahari terbenam, dapat disimpulkan bahwa konjungsi terjadi sebelum matahari terbenam tanggal 12 Mei 2021 di seluruh wilayah Indonesia. (nis)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan